Sinyal-Sinyal Roh Kudus

BACAAN HARI INI

Mazmur 143:1-12

RHEMA HARI INI

Mazmur 143:10 Ajarlah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya Roh-Mu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!

Tak jarang kita mendengar berita tentang pendaki yang tersesat di gunung. Baik yang bisa ditemukan kembali maupun yang hilang sama sekali. Pada saat tersesat dan sedang berusaha mencari jalan kembali, sebuah tips mengatakan bahwa ada baiknya kita meninggalkan tanda, seperti mengikat tali di pohon atau mematahkan ranting, sehingga jika jalur yang kita ambil tidak menunjukan tanda-tanda yang tepat, kita bisa kembali ke lokasi awal agar tidak tersesat terlalu jauh. Tanda ini juga berguna jika ada tim yang melakukan pencarian terhadap diri kita.

Tanda-tanda seringkali kita butuhkan untuk mengetahui jalur yang benar. Saat kita berada dalam perjalanan jauh dengan mengendarai mobil, tanda-tanda atau rambu di jalan bisa menuntun kita kapan harus mengurangi kecepatan, kapan harus pasang gigi rendah, kapan bisa beristirahat sejenak atau mengisi bahan bakar. Tanda-tanda ini sangat berguna sekali bagi kita.

Demikian juga tanda-tanda atau sinyal Roh Kudus dalam hidup kita sangatlah penting supaya kita bisa terus berada di jalur yang benar. Saat kita menangkap dan mengikuti sinyal-sinyal Roh Kudus, maka langkah-langkah kita akan disertai dengan mujizat dan tanda ajaib. Sinyal-sinyal itu seringkali akan muncul ketika kita dalam persimpangan untuk memilih berbuat dosa atau tetap melakukan yang benar. Sinyal-sinyal itu juga seringkali muncul ketika kita diperhadapkan dengan pilihan antara tidak peduli atau menunjukkan kasih dengan berbuat baik. Kalau kita mau mengikuti sinyal-sinyal Roh Kudus, maka kita akan dituntun ke tanah yang rata, yaitu jalan anugerah yang sudah disediakan Tuhan bagi kita.

Sinyal-sinyal Roh Kudus adalah sesuatu yang lembut yang berbicara dalam hati kita. Itu sebabnya dibutuhkan kepekaan dari kita untuk bisa menangkap sinyal-sinyal Roh Kudus ini. Seringkali kedagingan kita berbicara lebih kuat, tetapi jangan mau menyerah dengan kedagingan Anda, ikutilah sinyal-sinyal yang Roh Kudus berikan, sekalipun itu kedengaran lemah. Pada akhirnya Anda akan mensyukuri langkah tepat yang sudah Anda ambil dengan mengikuti sinyal-sinyal dari Roh Kudus.

RENUNGAN

Tangkap dan IKUTI SINYAL-SINYAL ROH KUDUS, maka langkah-langkah kita akan disertai dengan mujizat dan tanda ajaib.

APLIKASI

Apa langkah Anda untuk menerima sinyal-sinyal Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan yang baik, terimakasih atas tuntunan-MU melalui sinyal-sinyal Roh Kudus yang diberikan kepada kami. Berikan kami kepekaan yang lebih lagi untuk menangkap dan mengikuti petunjuk yang Engkau berikan sehingga hidup kami akan dipenuhi dengan kemuliaan-MU. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

II Samuel 11-12
I Tawarikh 20