Stop Kecewa, Stop Sakit Hati

BACAAN HARI INI

Ayub 5:1-26

RHEMA HARI INI

Ayub 5:2 Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati.

Para kanselir Florence meminta Leonardo da Vinci, yang saat itu merupakan artis Italia paling terkenal, untuk menyerahkan sketsa dekorasi ruang pertemuan besar di Florence. Salah seorang kanselir itu telah mendengar ada seorang artis muda yang pandai melukis juga, yaitu Michelangelo, dan memintanya menyerahkan gambar juga. Sketsa Leonardo begitu baik dan sesuai dengan kejeniusannya. Namun, ketika para kanselir itu melihat sketsa Michelangelo, mereka begitu antusias, sebab sketsa yang dibuat Michelangelo jauh lebih baik daripada sketsa Leonardo. Berita itu sampai ke telinga Leonardo yang mendengar bahwa para kanselir itu berkata, “Leonardo mulai tua.” Dia tidak pernah mampu mengatasi rasa iri hatinya karena ketenarannya terancam oleh Michelangelo. Karena rasa iri hati inilah sisa hidup Leonardo da Vinci tidak pernah bahagia.

Sebenarnya, masih begitu banyak kesempatan yang bisa dimiliki oleh Leonardo da Vinci untuk berkarya lebih baik dan lebih banyak lagi. Namun sayang, karena ia tidak bisa menanggalkan kekecewaan dan sakit hatinya karena iri hati kepada Michelangelo, karirnya harus kandas begitu saja. Begitu jugalah yang akan terjadi dalam hidup kita, kalau kita terus membawa beban kekecewaan dan sakit hati yang pasti akan menghambat kemajuan kita.

Itu sebabnya, seberapa burukpun peristiwa yang saudara alami, seberapa menyakitkanpun perlakuan yang saudara terima, jangan pernah menyimpan kekecewaan atau sakit hati. Tanggalkan semuanya itu dibawah kaki Tuhan. Datanglah kepada Tuhan, sampaikanlah semua kekecewaan dan sakit hati saudara, biarkanlah Tuhan memberikan kelegaan dan damai sejahtera memenuhi hidup saudara. Bebaskan diri saudara dari segala rintangan yang bisa menghambat kemajuan hidup saudara dan raihlah kemenangan bersama dengan Tuhan!

RENUNGAN

Tanggalkan beban kekecewaan dan sakit hati yang MERINTANGI KEMAJUAN kita!

APLIKASI

Apa yang akan saudara lakukan untuk menanggalkan kecewa dan sakit hati?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, aku serahkan segala kekecewaan dan sakit hati yang tersimpan di dalam hatiku di bawah kaki-MU. Aku buka hatiku untuk menerima pemulihan yang Engkau sediakan bagiku. Terimakasih Tuhan. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Hakim-hakim 6-7