SUDAH DIKUDUSKAN BUKAN BERARTI KITA KEBAL DOSA

RHEMA HARI INI

1 Petrus 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Belakangan ini, kita banyak mendengar tentang vaksin virus covid-19 yang sudah mulai di distribusikan ke seluruh daerah di Indonesia. Kita semua di dorong dan dianjurkan untuk menerima vaksin tersebut supaya laju penularan virus yang kian menyebar dapat segera ditekan. Banyak yang salah mengerti, mengira bahwa setelah di vaksin, mereka akan kebal terhadap virus covid-19 dan tidak mungkin tertular. Yang sebenarnya adalah, vaksin ini tidak bisa mencegah masuknya virus, tetapi vaksin menciptakan respon antibodi ketika virus masuk dalam tubuh seseorang dan membuatnya tidak mudah terinfeksi oleh virus, atau dengan kata lain mempunyai ketahanan tubuh yang lebih kuat. Jadi protokol kesehatan tetap harus dijalankan walaupun telah menerima vaksin.
Banyak orang di awal hidup kekristenannya, salah mengerti dan mengira bahwa setelah lahir baru dan di kuduskan dengan darah Yesus, hidup mereka lantas menjadi kebal dari dosa. Yang sebenarnya adalah, kekudusan harus DIJAGA dan DIUSAHAKAN, setiap detik, setiap menit, selama hidup kita. Ingatlah lawan kita si iblis, senantiasa bekerja keras, berusaha agar anak-anak Tuhan jatuh ke dalam dosa. Seperti singa lapar yang berjalan berkeliling, iblis akan selalu berusaha mencari celah untuk menjatuhkan kita. Iblis tidak pernah memandang siapa kita, orang biasa, pelayan Tuhan bahkan hamba Tuhan sekalipun, tak luput dari incarannya. Siapapun yang tidak baik-baik menjaga hati dan pikirannya, akan menjadi sasaran serangan si iblis.
Untuk itulah kita amat sangat memerlukan pertolongan Roh Kudus. Roh Kudus yang masuk dalam hati kita, ibarat vaksin yang membuat kita lebih kuat dan tahan menghadapi serangan ataupun godaan iblis yang dilancarkan setiap saat. Kekudusan Roh Kudus, akan membuat roh kita semakin kudus. Dan seperti yang telah kita pelajari, kekudusan tidak bisa bercampur dengan dosa. Semakin kuat kekudusan kita, maka dosa akan semakin sulit atau bahkan tidak bisa masuk dalam hati kita. Oleh karena itu, kita harus semakin mendekat pada Roh Kudus. Ijinkan Dia berkuasa dalam hidup kita, biarkan Roh Kudus bekerja seleluasa mungkin, bangun hubungan yang intim dengan-Nya. Maka Roh Kudus semakin hari akan semakin menguduskan roh, jiwa dan juga tubuh kita. Menguatkan kita dari setiap serangan si jahat dan mengingatkan kita dimana ada celah yang terbuka. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN

Sekalipun kita SUDAH DIKUDUSKAN, tetapi tidak berarti kita KEBAL DOSA.

APLIKASI

1. Menurut Anda, adakah manusia yang kebal terhadap dosa? Mengapa demikian?
2. Dapatkah Anda menyadari saat dosa mulai menggoda Anda? Apa reaksi Anda selama ini?
3. Apa yang seharusnya Anda lakukan agar Anda tidak mudah jatuh ke dalam dosa?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, kami menyadari bahwa kami adalah manusia lemah yang mudah jatuh ke dalam dosa. Kami sangat perlu Roh Kudus-Mu, kami perlu pertolongan-Nya, ya Tuhan. Untuk senantiasa mengingatkan dan menginsyafkan kami jika kami hendak jatuh ke dalam dosa. Terimakasih Tuhan atas anugerah Roh Kudus-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!