Sudah Seimbang ?

BACAAN HARI INI
Bilangan 14:1-38

RHEMA HARI INI
Bilangan 14:24 “Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.”

“Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!”

Di tengah pemberontakan yang memanas, aku dapat mengatakan hal yang dapat membuatku dimusuhi seluruh bangsa. Tapi, Firman Tuhan tidak akan pernah kulupakan ataupun ragukan. Kami akan masuk ke Tanah Perjanjian. Ya! Tanah itu, tanah yang luar biasa makmurnya. Kami sudah sedemikian dekat, mengapa harus menyerah sekarang?

“Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. Jika Tuhan berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.”

Firman Tuhan tidak boleh kuragukan. Aku harus yakin. Walaupun seluruh bangsa akan melempariku dengan batu sampai mati. Aku harus yakin!

“Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.”

***

Kita semua tahu, bahwa hanya Kaleb dan Yosua, sisa dari angkatan Israel lama yang akhirnya dibawa Tuhan masuk ke Tanah Perjanjian. Disinilah kita belajar satu rahasia dari mereka, terutama Kaleb, yaitu Firman dan Roh yang seimbang. Mengapa dapat dikatakan seimbang? Kita dapat baca kisah lengkapnya di Bilangan, Ulangan, dan Yosua. Disaat semua bangsa meragukan Firman Allah untuk Tanah Perjanjian yang sudah Tuhan siapkan, Kaleb tidak ragu sama sekali. Disaat 10 pengintai lain ketakutan setengah mati melihat lawan yang akan mereka hadapi, Kaleb tidak gemetar. Sebaliknya, ia sangat antusias dengan Tanah Perjanjian yang sudah Tuhan janjikan. Kaleb memiliki Roh Allah dalam dirinya yang dapat membuatnya memahami dan memegang teguh Firman yang sudah Allah janjikan sendiri. Kita semua tahu akhir dari kisah ini, Kaleb dan Yosua beserta keturunan mereka akhirnya memiliki tanah perjanjian, sesuai Firman Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Semuanya harus berjalan seimbang: tanpa Roh Kudus, kita tidak bisa memahami Firman; sebaliknya tanpa Firman, kita tidak mungkin mengalami kepenuhan Roh Allah.

APLIKASI
 Menurut Anda, bagaimana caranya menyeimbangkan Firman Tuhan dan Roh Allah dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, teruslah tuntun kami setiap hari agar dapat menyeimbangkan antara Firman dan Roh-Mu. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 30-31
Ibrani 10:1-18