Sukacita Karena Menjadi Berkat

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 20 Maret 2016

BACAAN HARI INI

Lukas 15:11-32

RHEMA HARI INI

Lukas 15:10 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat.”

Seorang anak muda menuntun sepeda motornya yang bannya kempes di tengah derasnya hujan yang sedang turun malam itu. Badannya basah kuyup karena ia tidak membawa jas hujan. Namun sekalipun demikian, pemuda itu berjalan dengan menyenandungkan lagu-lagu pujian kepada Tuhan. Wajahnya tidak menampakkan kelesuan sedikitpun. Sebaliknya, wajahnya dipenuhi dengan semangat dan sukacita yang besar.

Ia baru saja pulang dari mendoakan sebuah keluarga yang anaknya mengalami sakit parah sehingga dokter sudah angkat tangan. Namun melalui masalah tersebut, keluarga ini justru hatinya terbuka untuk didoakan di dalam nama Tuhan Yesus, dan malam ini anak muda tersebut menuntun seluruh keluarga ini untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka.

Ketika pulang dari rumah keluarga tersebut dan ban motornya kempes serta disambut dengan hujan deras, pemuda ini tidak kehilangan sukacitanya. Baginya, peristiwa malam ini merupakan peristiwa yang sangat spektakuler yang tidak sebanding dengan kesulitan dan tantangan sebesar apapun yang harus ia hadapi. Ia membayangkan, di sorga sana para malaikat sedang mengadakan pesta besar-besaran karena baru saja ada satu keluarga yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya, dan itu menimbulkan suatu kedamaian dan sukacita yang tidak terkira di dalam diri pemuda tersebut.

Kalau Anda ingin merasakan sukacita yang sama seperti yang dirasakan oleh pemuda ini, melangkahlah menjadi berkat untuk orang lain dan jadilah pemberita kabar baik kepada mereka yang membutuhkan kabar baik. Maka sukacita yang mereka alami karena menerima berkat serta kabar baik dari Anda, akan terimpartasi kepada diri Anda sendiri, bahkan bagian sukacita Anda lebih banyak daripada yang mereka alami.

RENUNGAN

Bersukacitalah ketika kita bisa dipakai Tuhan membawa KESELAMATAN BAGI JIWA-JIWA!

APLIKASI

  1. Pernahkah Anda melakukan sesuatu yang baik untuk menolong orang lain?
  2. Apakah yang Anda rasakan ketika melihat orang yang Anda tolong itu mengalami sukacita karena pertolongan Anda?
  3. Bagaimanakah Anda akan berkomitmen untuk selalu menjadi berkat bagi orang lain sehingga Anda bisa mengalami sukacita yang luar biasa?

DOA UNTUK HARI INI

Kami tahu Ya Tuhan bahwa Engkau memerintahkan kami untuk menjadi berkat, garam, dan terang bagi sekeliling kami. Kami percaya ketika kami melakukannya maka itu akan mendatangkan sukacita yang luar biasa dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 14-17