Sukacita Memberi Kekuatan

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 16 Maret 2016

BACAAN HARI INI

1 Petrus 4:12-19

RHEMA HARI INI

1 Petrus 4:13 Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.

Margaret Fishback, seorang wanita keturunan Jerman yang dibesarkan di Kanada, mengalami berbagai masalah serta pergumulan selama hidupnya. Namun di suatu titik, ia mendapatkan pencerahan yang luar biasa dari Tuhan sehingga membuatnya bisa terus bersukacita dalam menghadapi segala pergumulan yang ia alami dalam hidupnya.

Pencerahan itu lalu dituangkannya ke dalam sebuah sajak yang kemudian menjadi sangat terkenal, yang berjudul “Footprints” atau “Jejak-jejak kaki.”
Suatu malam aku bermimpi, aku sedang berjalan menyusuri pantai bersama Tuhan. Di langit yang gelap, terlintas peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidupku. Di setiap peristiwa, aku melihat dua pasang jejak kaki di atas pasir, sepasang adalah milikku, dan sepasang adalah jejak kaki Tuhan. Ketika peristiwa-peristiwa itu terpampang di depanku, aku melihat ke belakang kepada jejak kaki yang ada diatas pasir, dan aku melihat hanya ada satu pasang jejak kaki disitu, dan saat itu adalah saat dimana aku mengalami peristiwa yang paling sulit serta menyedihkan bagiku. Aku bertanya kepada Tuhan, “Tuhan, Engkau berkata bahwa ketika aku memutuskan untuk mengikuti-Mu, maka Engkau akan terus berjalan menyertaiku. Tetapi mengapa justru pada saat yang paling sulit dan gelap dalam hidupku, Engkau meninggalkanku begitu saja? Aku hanya melihat sepasang jejak kaki disitu.” Lalu Tuhan menjawab, “Anak-Ku yang terkasih, Aku mengasihi-Mu dan tidak pernah meninggalkanmu, bahkan saat engkau harus melewati saat-saat yang paling sulit dalam hidupmu. Sepasang jejak kaki yang kau lihat itu adalah jejak kaki-Ku yang sedang menggendong engkau…”

Keyakinan bahwa Tuhan Yesus tidak pernah meninggalkan kita dan selalu menyertai kita, akan memberikan sukacita serta kekuatan kepada kita untuk menghadapi segala pergumulan hidup yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita. Itu sebabnya, jangan lagi merasa takut, kuatir, atau putus asa, sebab Tuhan Allah Imanuel itu terus beserta kita di sepanjang hidup kita.

RENUNGAN

Bersukacitalah! Sebab Yesus memberi kita KEKUATAN untuk menghadapi setiap pergumulan hidup.

APLIKASI

  1. Apa yang seringkali membuat Anda merasa lemah?
  2. Perbedaan apa yang Anda rasakan ketika Anda mengetahui bahwa Tuhan menyertai Anda dalam setiap pergumulan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Terimakasih Tuhan untuk penyertaanMU yang sempurna dalam hidup kami. Penyertaan-Mu membuat kami kuat menghadapi segala sesuatu yang Engkau ijinkan terjadi dalam hidup kami. Itu sebabnya kami akan terus bersukacita di dalam Engkau, Tuhan yang menjamin kemenangan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 1-3