SUMBER KEMULIAAN YANG SEJATI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Raja-Raja 7-9
Yohanes 1:1-28

BACAAN HARI INI
1 Petrus 1:3-12

RHEMA HARI INI
1 Petrus 1:7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu β€” yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api β€” sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Gita terlihat senyum-senyum sendiri memandangi foto dirinya di layar ponsel. Ia tidak menyangka bisa berubah secantik itu setelah menggunakan sebuah aplikasi yang baru saja diunduhnya. Senyum Gita pun semakin lebar tatkala foto yang diunggahkan ke media sosial mendapatkan banyak β€œlike” dan β€œcomment” dari teman-teman di dunia maya. Bukan hanya itu, Gita juga membeli barang-barang bermerek demi mendapat pujian. Meskipun gaji yang dimiliki tidak cukup banyak, ia tetap menerima ajakan teman-temannya untuk makan dan minum di tempat yang mewah. Ia tidak mau terlihat β€œtidak punya” di hadapan teman-temannya. Gita selalu merasa senang saat bisa mengikuti gaya hidup teman-temannya. Namun, sebenarnya kegembiraan itu hanya berlangsung sesaat. Ketika sendirian, Gita sering murung dan tidak bersukacita akan hidup yang dijalaninya.

Itulah gambaran kesenangan yang dunia tawarkan. Memang dunia dan iblis bisa menawarkan kemuliaan, tetapi sebenarnya semua itu palsu. Menjadi terkenal, menjadi pusat perhatian, memiliki barang mewah, memiliki jabatan dan kedudukan tinggi adalah hal yang dunia dan iblis tawarkan. Bahkan dalam Alkitab pun iblis pernah berusaha menawarkan dunia dengan segala kemuliaannya kepada Yesus asal Yesus mau sujud menyembah kepadanya.

Ya, β€œkemuliaan palsu” bisa ditawarkan iblis dan dunia ini, tetapi tidak akan pernah bisa menawarkan damai yang sejati kepada kita. Banyak orang yang secara materi, kedudukan, dan jabatan terlihat begitu mulia, tetapi hatinya hampa. Kaya, tetapi penuh ketakutan. Terkenal, tetapi tidak bahagia. Kalau kita hanya mencari kemuliaan semu, kita bisa mendapatkannya di luar Tuhan. Namun, kalau kita mencari kemuliaan yang sejati yang diikuti dengan rasa damai sejahtera dalam hidup ini, maka tidak ada jalan lain selain dalam Tuhan Yesus Kristus. Sebab Dialah Raja Kemuliaan, Raja Damai yang 2000 tahun lalu lahir ke dalam dunia ini. Raja Kemuliaan itu akan menjadikan hidup kita lebih terang dari sebelumnya dan sukacita yang tak berkesudahan pun akan dilimpahkan bagi kita. (LEW)

RENUNGAN
KEMULIAAN PALSU yang diberikan iblis dan dunia semuanya adalah HAL yang FANA, tetapi Yesus memberikan KEMULIAAN yang SEJATI.

APLIKASI
1. Apakah Anda pernah tergoda kemuliaan palsu yang iblis dan dunia tawarkan? Ceritakan!
2. Mengapa Anda harus mencari kemuliaan yang sejati saja?
3. Bagaimana cara Anda membedakan kemuliaan sejati dengan kemuliaan yang palsu?

DOA UNTUK HARI INI
β€œTuhan Yesus, kami tidak mau tergoda dengan godaan kemuliaan palsu yang iblis dan dunia tawarkan. Kami hanya mau kemuliaan sejati yang berasal dari-Mu. Kami percaya damai sejahtera dan sukacita yang sejati akan Kau berikan pada kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”