Supaya Kita Dapat Belajar Percaya

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

bca21mei2017

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

Renungan Keluarga Allah | Minggu, 21 Mei 2017

BACAAN HARI INI

Yohanes 11:1-44

RHEMA HARI INI

Yohanes 11:15 tetapi syukurlah Aku tidak hadir pada waktu itu, sebab demikian lebih baik bagimu, supaya kamu dapat belajar percaya. Marilah kita pergi sekarang kepadanya.”

Sebuah pesan mendesak dikirimkan Marta dan Maria kepada Yesus. Mereka mengabarkan bahwa Lazarus sakit. Tidak ada yang meragukan kasih-Nya kepada mereka bertiga, tetapi Alkitab mencatat bahwa Yesus sengaja tinggal dua hari lagi di tempat Dia berada. Ketika Yesus akhirnya berangkat dan tiba di Betania, Marta dan Maria sama-sama mengatakan, “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati.” Dalam perkataan tersebut seakan tersirat pertanyaan, ‘Tuhan, kenapa Engkau tidak lebih cepat datang? Tidakkah Engkau peduli?’ Lazarus sudah terbaring empat hari dalam kubur. Tuhan terlambat.

Berapa kali dalam hidup, kita merasakan hal yang sama? Saat kita terbelit dalam kesulitan, Tuhan seolah-olah diam saja. Kemudian keadaan bertambah kacau dan kita pikir semuanya sudah berakhir. Lalu, seperti Marta dan Maria, kita pun bertanya, “Di mana Tuhan saat kita membutuhkan-Nya?” Seperti mereka juga, terkadang kita merasa lebih tahu bagaimana caranya dan kapan waktu terbaik bagi Tuhan untuk menolong kita. Kemudian, saat pertolongan itu tidak datang sebagaimana yang kita harapkan, maka iman kita pun tergoncang.

Namun, kita perlu mengingat, sebagai orang percaya, kita tidak lagi hidup dengan apa yang kita lihat atau rasakan, tetapi dengan iman. Melalui kisah bangkitnya Lazarus, Yesus memberikan petunjuk kepada kita, bahwa waktu-Nya bukanlah waktu kita. Terlebih dari kita, Dia tahu bagaimana cara terbaik untuk memberikan pertolongan-Nya. Saat kita merasa Dia melupakan kita, dan ketika semua harapan seolah sirna, itu adalah waktu ketika Dia sedang memurnikan iman kita di dalam-Nya. Dia ingin kita belajar percaya, bahwa apa pun yang terjadi, Dia tetap memegang kendali hidup kita. Pada akhirnya, semua yang Dia izinkan terjadi maupun tidak terjadi akan mendatangkan kebaikan bagi kita. Percayalah, Tuhan tidak pernah terlambat. Dia sedang bekerja dengan cara yang lebih ajaib daripada yang sanggup kita bayangkan. (MV.L)

RENUNGAN

Terkadang TUHAN MENGIZINKAN SITUASI DAN KONDISI tertentu terjadi dalam hidup kita supaya kita dapat BELAJAR PERCAYA

APLIKASI

  1. Permasalahan apa yang sedang Anda hadapi saat ini? Apa yang Anda rasakan? Seberapa percayanya Anda bahwa Tuhan akan menolong Anda?
  2. Menurut Anda, mengapa Tuhan mengizinkan hal itu terjadi?
  3. Bagaimana Anda dapat belajar untuk lebih percaya lagi?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami mengakui bahwa hikmat kami sangatlah terbatas. Apa pun yang tengah kami alami sekarang, kami mau belajar percaya lebih lagi, bahwa Engkau tahu apa yang sedang Engkau lakukan dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”