SYARAT MENGALAMI KEMULIAAN TUHAN

BACAAN HARI INI

Yakobus 2:14-26

RHEMA HARI INI

Yakobus 2:26 Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.

Ketika sedang asyik melompat-lompat, tanpa sengaja Fredie the Frog masuk ke sebuah kotak. Ya, Fredie adalah seekor katak. Ia panik dan berusaha berjuang melompat setinggi mungkin supaya dapat keluar. Namun usahanya itu sia-sia belaka, kotak itu ternyata lebih tinggi dari lompatan tertingginya. Sebuah suara mengagetkan Freddy, “Percuma saja kamu berusaha, kamu tak akan berhasil keluar dari kotak ini. Sudahlah menyerah saja dan terima nasib.” Fredie mencari-cari sumber suara dan ternyata ia tidak sendirian. Ada seekor katak lain yang terperangkap bersamanya. Ketika mengarahkan pandangannya ke sekeliling, nampak beberapa bangkai dan tulang belulang katak. Rupa-rupanya kotak itu sudah cukup banyak memakan korban.

Katak yang ada di dalam kotak itu menceritakan kepada Fredie apa saja yang telah dilakukannya. Dan bagaimana katak pendahulunya yang kini sudah mati juga mencoba berbagai cara untuk keluar. Namun pada akhirnya mereka menyerah karena tetap tidak berhasil keluar dari kotak. Tapi Fredie tidak mau menerima ide untuk menyerah. Ia berpikir keras mencari jalan keluar sebab ia tidak mau mati dalam kotak itu. Ia percaya pasti ada satu cara yang bisa berhasil. Ia pun lalu menumpuk bangkai-bangkai dan tulang belulang katak untuk dijadikan tumpuan loncatan. Dan benar saja, Fredie akhirnya berhasil menyelamatkan diri keluar dari dalam kotak.

Terkadang saat dihadapkan pada situasi yang seakan mustahil untuk bisa kita lalui, iman percaya kita mulai goyah. Kita sangat tergoda untuk menyerah. Hari ini Tuhan mengajarkan pada kita, bahwa syarat untuk mengalami kemuliaan, bukan hanya percaya tapi juga rajin dan gigih. Rajin bekerja tetapi tidak percaya kepada janji Tuhan hanyalah sebuah kesia-siaan. Kita mungkin bisa berhasil tetapi tidak akan bisa sampai di level mulia. Sebaliknya, hati dan iman yang kuat tanpa diimbangi dengan kerja yang kuat juga hanya menjadi sebuah harapan kosong. Oleh sebab itu, jangan patah semangat. Di bulan terakhir tahun ini, Tuhan sedang mencurahkan kemuliaan-Nya yang jauh lebih terang daripada sebelum-sebelumnya. Kuatkan lagi iman percaya kita dan mulailah bangkit untuk bekerja semaksimal mungkin bersama dengan Roh Kudus.

RENUNGAN

Syarat MENGALAMI KEMULIAAN Tuhan bukan hanya percaya, tetapi juga RAJIN DAN GIGIH.

APLIKASI

1. Termasuk yang manakah Anda, percaya saja atau gigih berjuang saja?
2. Bagaimanakah yang seharusnya Tuhan ingin Anda lakukan supaya Anda bisa mengalami kemuliaan-Nya terjadi dalam hidup Anda?
3. Langkah apa yang akan Anda ambil untuk menguatkan kembali iman Anda sekaligus berjuang dengan rajin dan gigih?

DOA UNTUK HARI INI

Ya Bapa, kami tahu waktu-Mu lah yang terbaik bagi kami. Engkau tidak pernah sekalipun terlambat menggenapi janji-Mu. Kami percaya, ya Bapa, bahwa kami pasti akan mengalami kemuliaan Tuhan terjadi dalam hidup setiap kami. Berikan kami hati yang senantiasa setia berpegang teguh pada firman-Mu serta terus berjuang dengan gigih melangkah dengan iman bersama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!