Tahun Perkenanan #5: Tujuan Tuhan Memberikan Favor

Melalui kotbah ini, kita akan mempelajari Firman Tuhan tentang God’s Purpose for Favor atau Tujuan Tuhan Memberikan Favor. Seringkali kita hanya terbuai dengan apa yang bisa kita dapatkan dan apa yang akan kita alami, kalau favor Tuhan diberikan kepada kita. Akan tetapi kita lupa bahwa Tuhan sendiri juga mempunyai tujuan memberikan favor itu kepada kita, Tuhan punya maksud memberikan favornya kepada kita.

Sampai dalam takaran tertentu, favor itu akan tetap Tuhan berikan kepada kita semua, baik yang mengerti maksud Tuhan maupun yang tidak mengerti maksud Tuhan. Akan tetapi bagi kita yang bisa memahami maksud Tuhan memberikan favor tersebut. Bagi kita yang bisa berjalan sesuai dengan tujuan Tuhan memberikan favor, maka Tuhan akan mencurahkan favorNya berlimpah-limpah, melampaui pikiran dan bayangan kita.

Mazmur 45:8 Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allahmu, telah mengurapi engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutumu.

Ini adalah nyanyian dari Bani Korah yang ditujukan bagi Raja Daud.

  • Jadi karena Daud bisa mengerti mengapa Tuhan mengangkat dia menjadi raja atas seluruh Bangsa Israel dan mengapa favor yang begitu besar Tuhan berikan, yaitu dengan cara memerintah dalam keadilan sesuai dengan maksud Tuhan, maka Tuhan menambah-nambahkan pengurapanNya kepada Daud sebagai tanda kesukaan/tanda favor/melebihi teman-temannya.
  • Dengan kata lain, karena Daud bisa memahami tujuan Tuhan memberikan favor kepadanya, maka Tuhan membuat Daud menjadi favoritNya dan mencurahkan favor melebihi orang-orang di sekitarnya.
  • Kalau kita semua bisa memahami tujuan Tuhan memberikan favor serta berjalan sungguh-sungguh menggenapi tujuan Tuhan tersebut, maka Tuhan juga akan menambah-nambahkan favorNya atas hidup kita melebihi apa yang pernah kita pikirkan dan bayangkan sebelumnya.

Itu sebabnya supaya kita bisa sungguh-sungguh mengalami tahun ini sebagai The Year of Favor, maka kita perlu mengarahkan hati kita dan mempelajari Firman Tuhan tentang God’s Purposes for Favor/Tujuan Tuhan memberikan favor, kemudian kita sungguh-sungguh berjalan sesuai dengan tujuan Tuhan tersebut, maka sama seperti Tuhan mencurahkan favorNya kepada Daud, demikian juga Tuhan akan mencurahkan favorNya yang berlimpah-limpah kepada kita.

Audio Kotbah Pdt. Obaja Tanto Setiawan

Video kotbah Pdt. Obaja Tanto Setiawan