Tak Ada Yang Bisa Menghentikan Kita

BACAAN HARI INI

Mazmur 16: 1 – 11

RHEMA HARI INI

Mazmur 16: 8 Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

Apa yang akan Anda lakukan ketika di tengah perjalanan, tiba-tiba Anda menemui banyak hal yang tidak menyenangkan seperti ban mobil bocor, mesin mobil panas, dan berkali-kali Anda salah jalur? Tentunya akan ada banyak orang yang memilih untuk mengurungkan niatnya untuk melanjutkan perjalanan. Hari ini, kita akan belajar dari seorang wanita yang namanya tercatat dalam buku “100 Christian Women Who Changed The 20th Century” yang ditulis oleh Helen Kooiman Hosier. Wanita hebat ini bernama Lillian Dickson.

Lilian Dickson dan suaminya, adalah pemberita Injil asal Amerika Serikat yang memenuhi panggilannya untuk melayani di Taiwan. Pada perjalanan misinya yang pertama, Taiwan masih berada dalam kondisi konflik dengan Jepang. Selama ia memberitakan kasih Kristus bagi jiwa-jiwa yang belum mengenal keselamatan, tak jarang ia harus berhadapan dengan polisi rahasia Jepang yang mengawasi mereka. Pada perjalanan misi yang kedua, setelah Perang Dunia II berakhir, Lilian dan suaminya tidak lagi menghadapi polisi Jepang, melainkan tentara komunis dari Tiongkok. Bukan hanya itu, ia juga sempat mengalami bencana angin topan, badai, dan banjir. Selama di Taiwan, Lilian dan suaminya memiliki dua anak yang kemudian meninggal dan dikuburkan di pulau itu.

Perjuangan Lilian Dickson dan suaminya membuat dampak yang besar bagi orang-orang di ladang misi mereka. Kasih Kristus dinyatakan setiap saat Lilian membawa peralatan medis dan makanan untuk ribuan orang di desa-desa terpencil di pegunungan, menolong orang kusta mendapatkan kembali harga diri dan keberanian untuk melanjutkan hidup, dan menolong ribuan bayi dan anak-anak yang menderita.

Suatu saat, seseorang bertanya padanya, “Kapankah proyek-proyekmu akan berhenti?” Lilian pun menjawab, “Mengapa harus berhenti? Apakah kita mengira Tuhan bisa menyediakan 2 dolar untuk kita namun tidak 3 dolar? Ataukah, ketika kita menyaksikan seorang anak yang lapar atau sakit, Dia akan berkata, `Kamu tidak perlu khawatir dengan anak itu — kamu sudah cukup melaksanakan tugasmu.` Apakah setiap kebutuhan, di mana pun juga, berada di luar jangkauan kasih Allah? Dan jika Dia peduli, bukankah kita juga harus turut peduli?”

Sekalipun Lilian Dickson mengalami berbagai masalah dan tantangan hidup dalam panggilan misinya, ia tak terhentikan dan tak tergoyahkan dalam mencapai tujuan hidupnya. Seperti halnya Lilian Dickson, kita pun seharusnya tak mudah goyah saat masalah datang dalam perjalanan kita mencapai visi hidup ini. Tak ada satupun yang bisa menghentikan langkah kita selain keputusan yang kita ambil. Ingatlah, bahwa Tuhan yang memulai segala hal yang baik dalam hidupmu, turut bekerja melalui Roh Kudus-Nya untuk menyelesaikannya hingga akhir. Tak ada alasan bagi kita untuk berhenti. Milikilah komitmen untuk tetap teguh memperjuangkan apapun yang Tuhan percayakan bagi Anda di tahun 2016 ini. (NJ)

RENUNGAN

Tidak ada satupun yang bisa MENGHENTIKAN kita kecuali DIRI KITA sendiri.

APLIKASI

Apa saja yang akan Anda lakukan supaya apapun tantangan hidup yang hadir di tahun 2016 ini tidak membuat langkah Anda terhenti?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa yang Maha Kuasa, kami yakin bahwa Gunung Batu dan Keselamatan kami adalah Engkau saja ya Tuhan. Perlengkapi kami dengan ketetapan hati seteguh batu karang dan kuasa dari Roh-Mu yang kudus sehingga apapun yang akan kami hadapi di tahun yang baru ini tak akan menghentikan langkah kami dalam mencapai visi-Mu bagi hidup kami. Dalam Nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amen.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

I Tawarikh 23-25