TANGGUNG JAWAB BERSAMA DALAM KELUARGA

RHEMA HARI INI

Galatia 6:2 Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus

Mendengar kabar kehamilan Frida, perut Pak Yono langsung terasa mulas. Darah terpompa deras naik ke kepalanya, sebab Frida anaknya belum menikah, bahkan masih duduk di bangku SMA. Seketika ia berteriak pada istrinya,”Ini semua gara-gara kamu! Selalu sibuk arisan dan semua kegiatan yang tidak jelas. Kamu tidak pernah memperhatikan anak-anak, lihat akibatnya! Mau di taruh dimana mukaku ini!” Istri Pak Yono tak mau kalah,”Kamu sendiri mana pernah punya waktu untuk kita. Kerja, kerja, kerja terus. Kalau sudah begini bisanya cuma menyalahkan orang lain!” Frida yang sedari tadi menunduk lesu, akhirnya meledak dalam tangis mendengar kedua orang tuanya bertengkar sengit.
Pak Wahyu kakak tertua pak Tono yang sedang bertamu di rumah mereka, mau tidak mau ikut mendengar keributan tersebut. Setelah berdoa memohon hikmat dalam kamarnya, Pak Wahyu pun keluar menghampiri keluarga pak Yono. Dengan penuh kasih dirangkulnya Frida, Pak Yono dan istri yang lelah saling berteriak, akhirnya meminta pendapat Pak Wahyu. Dengan bijak Pak Wahyu berkata memang Frida telah melakukan kesalahan, tetapi kemarahan dan saling menyalahkan tidak akan mengubah keadaan. Lebih baik fokus, bersatu untuk menyelesaikan masalah dan mencari jalan keluar yang terbaik dengan petunjuk Tuhan.
Masalah memang selalu datang tanpa pernah kita undang. Kapanpun dan dimanapun, masalah bisa saja menyerbu dalam keluarga kita. Yang harus selalu kita sadari adalah, apapun yang terjadi di dalam keluarga kita, itu adalah tanggung jawab kita bersama. Kita tidak bisa abai atau tidak mau tahu masalah yang menimpa anggota keluarga kita, sebab kita adalah KELUARGA. Adalah rencana terbaik Tuhan untuk menempatkan kita dalam keluarga kita yang sekarang. Dan tugas kita sebagai anak-anakNya adalah sebagai pembawa damai dan pemersatu keluarga. Dengan memberi teladan seperti Bapa kita yang penuh kasih, kita mau berkorban, bersedia mengalah dan mau berjuang untuk keluarga, maka kita akan menjadi starter atau pemicu anggota keluarga yang lain untuk melakukan hal yang sama. Dengan demikian, rasa memiliki akan terbangun dalam keluarga dan kasih akan semakin berlimpah dalam keluarga kita. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN

Sadarilah bahwa APA PUN YANG TERJADI di dalam keluarga kita, adalah TANGGUNG JAWAB BERSAMA.

APLIKASI

1. Bagaimana pandangan Anda tentang tanggung jawab bersama dalam keluarga selama ini?
2. Masalah apa yang pernah terjadi dalam keluarga Anda dan apakah Anda memiliki rasa tanggung jawab untuk ikut mengatasinya? Apa alasan Anda?
3. Suasana apa yang terbangun dalam keluarga Anda ketika semua memiliki rasa tanggung jawab bersama?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terimakasih Engkau telah mengajarkan rasa tanggung jawab dalam keluarga. Kami semakin menyadari bahwa kesatuan dan persatuan adalah sesuatu yang sangat Engkau sukai. Tolong kami Bapa, untuk bisa saling mengasihi dan bersatu hati dalam menanggung segala beban yang ada dalam keluarga kami. Kami percaya, keluarga yang erat bersatu dan saling memiliki akan beroleh kasih karunia dari pada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!