Tangkap Rhema Dapatkan Mujizat

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Ibrani 11:1-40

RHEMA HARI INI
Ibrani 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Bapak Joko dan istrinya sungguh-sungguh mengimani bahwa mereka telah dipilih Tuhan untuk membawa berita keselamatan ke bangsa-bangsa. Namun, keyakinan itu seakan sirna ketika istrinya memutuskan untuk mundur dari pekerjaan sebagai penerjemah karena kepentingan keluarga. Pak Joko ingat, saat perjamuan kudus bulan April lalu, ia mendapat roti ayat yang diimaninya sebagai rhema. Beberapa bulan berjalan, rhema tersebut selalu dipegangnya untuk menghadapi berbagai pergumulan. Dengan iman dari rhema itu pula, keluarga Bapak Joko tegar melangkah. Dua minggu setelah itu, janji Tuhan terbukti nyata, istrinya mendapat pekerjaan baru tanpa harus mengorbankan kepentingan keluarga. Lebih dari itu, Tuhan juga memberikan bonus. Selain pekerjaan tetap yang didapat, rintisan bisnis baru mereka tiba-tiba juga diserbu banyak pelanggan. Bahkan, mereka juga bisa bergabung dengan pelayanan baru di gereja lokal. Semangat mereka untuk membawa berita keselamatan ke banyak bangsa kembali berkobar.

Meskipun jalannya kelihatan berliku namun keyakinan keluarga Bapak Joko selalu lurus. Mereka berserah pada jalan yang sudah ditentukan Tuhan. Mereka percaya bahwa mereka sudah dipilih Tuhan untuk menjadi alatNya menyelamatkan banyak jiwa sesuai dengan caranya Tuhan. Itulah iman mereka. Iman itu pula yang dimiliki para saksi-saksi iman yang tertulis dalam Ibrani 11. Tuhan selalu punya cara yang luar biasa untuk menjalankan rencanaNya.

Rhema apakah yang Saudara tangkap hari ini? Yakinlah bahwa rhema itu akan membangkitkan iman dan menjadi awal mula mujizat yang datang. Apapun profesi Saudara saat ini, apapun pekerjaan Saudara saat ini, bagaimanapun kondisi Saudara saat ini, yakinlah bahwa Saudara sudah dipakai Tuhan sebagai pahlawan yang menyelamatkan banyak jiwa. Tuhan tidak pernah kehabisan cara untuk memaksimalkan kapasitas Saudara. Tuhan selalu bisa mengubah kemustahilan menjadi hal yang pasti terjadi. Dia sanggup mengadakan banyak perkara jauh melampaui hal yang bisa kita bayangkan. Mari persiapkan diri kita untuk menerima record breaking miracle gelombang berikutnya!

RENUNGAN
RHEMA yang kita TANGKAP akan MEMBANGKITKAN IMAN kita, dan iman itulah yang akan menjadi AWAL MULA MUJIZAT terjadi dalam hidup kita.

APLIKASI
1. Rhema apakah yang Anda dapatkan dari Tuhan tentang rencana Tuhan bagi hidup Anda?
2. Apa yang Anda lakukan dengan rhema yang Tuhan berikan tersebut?
3. Komitmen apa yang Anda lakukan supaya rhema yang Tuhan berikan tersebut menjadi kenyataan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa kami bersyukur untuk setiap rhema yang Engkau berikan dalam hidup kami. Tolong kami untuk menangkapnya dengan iman dan memperjuangkannya sampai itu sungguh-sungguh menjadi kenyataan dalam hidup kami. Kami percaya hidup kami akan menyatakan kemuliaan nama-MU. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.