Tanpa Kasih Tidak Ada Faedahnya

BACAAN HARI INI
1 Korintus 13:1-13

RHEMA HARI INI
1 Korintus 13:3 Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

Seorang gadis Yahudi melarikan diri dari Gestapo Jerman di Perancis saat Perang Dunia II. Ia menyadari bahwa ia tidak akan bisa lagi menghindar dari kejaran tentara Jerman itu. Ketika berlindung di rumah seorang Huguenot (kelompok masyarakat reformasi) Perancis, seorang janda Kristen mendatanginya dan memberitahu bahwa ia harus segera kabur ke tempat yang baru. Sang gadis menjawab, “Percuma bu, toh mereka akan menemukan saya juga, mereka sudah demikian dekat kan.” Ibu janda itu menjawab, “Memang mereka akan menemukan seseorang disini, tetapi pergilah bersama orang-orang itu ke tempat yang aman, berikan surat-surat identitasmu kepadaku.” Gadis Yahudi itu memahami rencana ibu itu, Gestapo akan menyangka janda inilah Yahudi yang kabur itu. Ia bertanya, “Mengapa ibu melakukan ini?” Ibu janda itu menjawab, “Inilah setidaknya yang dapat ibu perbuat, Kristus sudah berbuat lebih banyak padaku.” Ibu janda itu akhirnya ditangkap, dipenjarakan dan enam bulan kemudian meninggal di kamp konsentrasi.

Kasih Kristus menjamah setiap orang, ibu janda ini merasa hidupnya sudah dipenuhi dengan kasih Kristus. Melihat keputusasaan gadis Yahudi itu, ia menganggap ini satu kesempatan untuk membalas cinta kasih Yesus. Kasih Kristus yang dipraktikkan ibu janda itu, bukan hanya menyelamatkan nyawa gadis Yahudi itu, tetapi pasti menyentuh hatinya, bahkan kisah pengorbanannya berkumandang lewat kesaksian gadis Yahudi itu.

Perbuatan baik yang dilandasi dengan kasih Kristus akan menyentuh banyak jiwa dan menjadi alat penginjilan yang efektif. Menjadi tantangan kita bersama dalam hidup mengiring Yesus, apakah kita bisa mengekspresikan kasih Allah dalam hidup kita sehari-hari? Kasih Yesus lebih dari hidup, mari kita belajar berbuat baik dengan dasar kasih Kristus, biar nama Tuhan makin ditinggikan. Amin, Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Perbuatan baik TANPA KASIH, sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing, TIDAK BERGUNA, dan tidak ada faedahnya.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda berbuat baik dengan tujuan hanya ingin mendapatkan pujian dari orang lain, maukah mulai hari Anda bertobat. Koreksi ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa ampuni kami jika terkadang kami melakukan segala sesuatu tidak dengan kasih. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yehezkhiel 33-34
Yohanes 19:1-27