TANPA PUASA, ROH TIDAK BISA BERTUMBUH SECARA MAKSIMAL

RHEMA HARI INI

1 Timotius 4:8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

“Kucari Wajah-Mu, temukan kasih-Mu. Ku tahu Kau bukan Tuhan yang jauh dariku. Kupanggil nama-Mu, kudengar jawab-Mu, kutahu Kau Tuhan yang selalu dengar seruan hatiku.” Diana terus memujikan pujian ini sambil menitikkan air mata. Bukan karena masalah yang ia alami, namun karena kerinduannya kepada Tuhan. Diana merasa lebih peka akan hadirat Tuhan selama ia berdoa dan berpuasa, sehingga ia mudah tersentuh dan meneteskan air mata saat menaikkan pujian penyembahan. Dalam doa puasa kali ini, ia merasakan cara pandangnya mulai berubah. Ia tidak lagi berfokus pada masalahnya, tetapi kepada pertobatan dan tuaian raya jiwa-jiwa.

Tanpa kita sadari, saat kita bersungguh hati menjalankan doa puasa, roh kita akan semakin bertumbuh. Berdoa maupun berpuasa, kedua-duanya memang penting, tetapi tanpa puasa, kuasa doa kita terbatas. Doa tanpa puasa seperti manusia yang makan karbohidrat dan protein tetapi tidak menerima asupan vitamin dan mineral. Artinya doa bisa membuat roh kita bertumbuh, tetapi tanpa puasa pertumbuhannya tidak bisa maksimal. Sebaliknya, puasa tanpa doa, tidak bisa membuat dampak apapun bagi pertumbuhan manusia roh kita.

Mengambil waktu untuk berdoa puasa untuk mendapat jawaban doa atau untuk menghadapi masalah bersama Tuhan, adalah sesuatu yang lazim dan sering kita lakukan. Tetapi saat manusia roh kita terus bertumbuh melalui doa puasa, kita akan bisa melihat maksud dan rencana Tuhan yang jauh lebih besar dari pergumulan pribadi kita. Bahwa yang paling Tuhan inginkan adalah pertobatan dan keselamatan jiwa-jiwa. Tuhan rindu kita bukan hanya mengejar berkat namun juga menjadi agen-agen Kerajaan Allah dan penuai-penuai jiwa yang militan. Saat kita menjawab kerinduan hati Tuhan, momentum luar biasa akan terjadi dalam hidup kita, kebangkitan yang tidak pernah kita bayangkan dan belum pernah terjadi sebelumnya, akan Tuhan nyatakan dalam hidup setiap kita.

RENUNGAN

Doa bisa membuat roh BERTUMBUH, tetapi TANPA PUASA pertumbuhannya TIDAK BISA MAKSIMAL.

APLIKASI

1. Apakah perbedaan yang Anda temukan saat Anda menyertai doa Anda dengan puasa?
2. Pertumbuhan rohani seperti apa yang Anda alami dan rasakan ketika Anda berdoa dan berpuasa?
3. Apa komitmen Anda supaya manusia roh Anda bisa bertumbuh secara maksimal?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, sungguh kami bersyukur atas firman rhema-Mu yang hidup bagi kami. Berikanlah kami kepekaan untuk menanggapi panggilan-Mu dan lebih sungguh mencari wajah-Mu melalui pujian, penyembahan dan doa puasa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!