Teladan Bapa Abraham

BACAAN HARI INI
Kejadian 14:17-24

RHEMA HARI INI
Kejadian 14:20 dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu.” Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya.

Menjadi anak dari seorang yang sangat dihormati dan dicintai banyak orang, tentunya sangat menyenangkan. Kemanapun kita pergi, kenalan ayah kita akan dengan senang hati menyambut dan menerima kita. Apapun yang kita butuhkan, orang akan senantiasa berusaha membantu mendapatkannya. Itulah berkat dari seorang bapa yang baik, bagi anak-anaknya. Tapi selain menikmati berkat, sebagai anak kita juga wajib mengikuti teladan ayah kita agar nama baik dan reputasinya tetap terjaga. Juga dengan mengikuti teladan yang baik, kelak kita juga akan menjadi berkat bagi anak-anak kita.

Nama Abraham kita kenal sebagai bapa orang percaya. Kita yang percaya dan hidup oleh iman adalah anak-anak Abraham secara rohani. Dengan demikian kita berhak untuk menerima berkat Abraham. Begitu luar biasanya berkat itu, sampai Yesus rela mati agar kita menerimanya (Galatia 3:13-14). Dan alasan mengapa Tuhan memberkati Abraham sampai sedemikian rupa adalah karena Abraham sangat menyadari, semua yang ia peroleh adalah dari Tuhan. Walau jaman itu hukum taurat belum ada, tapi kesadaran Abraham untuk menghormati dan mengakui otoritas Tuhan dalam hidupnya, membuatnya memberikan persembahan sepersepuluh dari segala rampasan yang PALING BAIK. Abraham sangat mengerti, semua kemenangan yang ia peroleh adalah pemberian dari Tuhan.

Jika kita sebagai anak-anak rohani bapa Abraham, mau mewarisi berkat-berkatnya, maka kita juga harus mengikuti teladannya dalam mengembalikan persepuluhan. Supaya Tuhan bisa memberkati kita seperti Dia memberkati Abraham (Ibrani 7:1). Kitab Ibrani mencatat bahwa Melkisedek atau Tuhan Yesus memungut persepuluhan dari Abraham. Dengan kata lain, perintah tentang persepuluhan ini sudah ada sejak dahulu sebelum hukum taurat dan sampai sekarang tetap berlaku. Bahkan dalam Perjanjian Baru, bukan hanya sepersepuluh, tapi seluruh dan segenap hidup kita adalah milik Tuhan. Persepuluhan hanyalah awal untuk kita melatih diri mempermuliakan Allah dengan harta yang kita miliki, sehingga kita boleh masuk dan mendapat bagian dalam perjanjian berkat Tuhan.

RENUNGAN
Sebagai KETURUNAN ROHANI Abraham selaku BAPA ORANG PERCAYA, ikutilah TELADANNYA dalam mengembalikan PERSEPULUHAN.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengikuti teladan dari bapa Abraham dalam mengembalikan persepuluhan? Jika belum, apa sebabnya?
2. Apa tujuan Tuhan memungut persepuluhan?
3. Apa komitmen Anda tentang persepuluhan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami ingin hati seperti bapa rohani kami Abraham. Hati yang menyadari bahwa segala berkat datangnya dari Engkau. Hati yang tahu berterimakasih dan mau membalas kebaikan-Mu dengan apa yang kami miliki. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.