TERANG ROH KUDUS YANG TANPA BATAS (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Tawarikh 32-33
Yohanes 18:19-40

RHEMA HARI INI
Daniel 2:22 Dialah yang menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi, Dia tahu apa yang ada di dalam gelap, dan terang ada pada-Nya.

Tidak ada sesuatu pun yang tidak bisa disingkapkan oleh Roh Kudus. Segala sesuatu terang benderang di hadapan Roh Kudus. Itulah yang dialami oleh Bpk. Pdt. Obaja Tanto Setiawan ketika beliau masih menjadi seorang pengusaha tekstil. Karena keterbatasan modal yang ada, saat itu Bpk. Obaja membeli sebuah mesin tekstil yang sudah lama tidak terpakai dan sudah menjadi besi tua. Kemudian beliau datang ke sebuah pameran mesin tekstil untuk mencari tahu segala sesuatu tentang mesin tekstil. Sekembalinya dari pameran tersebut, Bp. Obaja mulai membangun kembali mesin tekstil yang sebenarnya bisa dibilang sudah menjadi rongsokan tersebut. Sangat tidak mudah bagi beliau, tetapi dengan pencerahan dan pertolongan dari Roh Kudus, akhirnya mesin tekstil tersebut bisa berproduksi, sehingga Bpk. Obaja bisa meraih lebih banyak keuntungan daripada pabrik-pabrik tekstil lain yang membeli mesin dengan harga yang mahal.

Roh Kudus adalah sumber terang. Ketika kita menemui kegelapan dalam hidup kita, maka Roh Kudus akan memberikan terang-Nya untuk menyinari kegelapan kita. Dia akan menyingkapkan hal-hal yang tidak terpikirkan oleh akal manusia kita sendiri. Dia akan memberikan hikmat, menuntun, serta mengajari hal-hal yang tidak terselami oleh pikiran kita.

Ya, bersama Roh Kudus, tidak ada lagi kebingungan. Roh Kudus yang tanpa batas selalu bisa memberikan jawaban untuk segala sesuatu yang kita butuhkan. Kuncinya adalah melekat dengan Tuhan dan firman-Nya. Bergaulah secara intim dengan Roh Kudus setiap hari. Tanggalkan pemikiran serta ide-ide kita sendiri dan letakkan semuanya itu di bawah kaki Tuhan. Maka Roh Kudus akan dengan leluasa bisa menuntun kita serta memberikan pencerahan-Nya dalam hidup kita, sehingga kita bisa meraih keberhasilan di tahun 2021 ini.

RENUNGAN
Bahkan dalam KEGELAPAN sekalipun, TERANG ROH KUDUS terpancar tanpa batas bagi hidup kita.

APLIKASI
1. Seperti apakah terang Roh Kudus yang tanpa batas itu terpancar atas hidupmu? Ceritakan!
2. Hal apakah yang sudah Anda lakukan sehingga terang Roh Kudus yang tanpa batas itu dinyatakan atas Anda?
3. Pertolongan apa yang sudah Roh Kudus nyatakan saat Anda di dalam kegelapan, dan komitmen apakah yang akan Anda lakukan supaya terang Roh Kudus itu semakin nyata dalam hidup Anda? Tulis dan renungkanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Allah, Roh Kudus, terima kasih untuk setiap pertolongan demi pertolongan yang sudah Engkau nyatakan atas hidup kami. Kami sadar bahwa hanya terang Roh-Mu saja yang sanggup menyelamatkan kami dari kegelapan. Kami mau buka hati kami lebar-lebar untuk sepenuhnya dituntun oleh-Mu. Terima kasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”