Terbuka Terhadap Roh Kudus

BACAAN HARI INI

Mazmur 51:1-21

RHEMA HARI INI

Mazmur 51:13 Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Sepasang suami istri yang sudah sekian lama menikah, memiliki sinyal-sinyal khusus sebagai isyarat untuk melakukan sesuatu tanpa harus mengatakannya. Remasan di tangan dengan cara menyentak berarti isyarat untuk tidak melanjutkan pembicaraan dengan orang lain. Tepukan di pundak berarti persetujuan untuk melanjutkan pembicaraan lebih serius lagi. Berdehem berarti instruksi untuk membuatkan minuman bagi tamu dan menghidangkan makanan ringan. Berdehem dan mengedipkan mata berarti instruksi untuk menyiapkan hidangan makan bagi tamu di meja makan. Masih banyak sinyal-sinyal lain yang disepakati pasangan suami istri ini untuk lebih memperlancar komunikasi diantara mereka. Itu sebabnya hubungan mereka menjadi sangat harmonis dan penuh kebahagiaan.

Inilah juga yang akan terjadi dalam hidup kita ketika kita terus-menerus membuka diri kita terhadap Roh Kudus, maka akan ada sinyal-sinyal yang Roh Kudus berikan supaya kita bisa melakukan sesuatu dengan benar. Sinyal-sinyal yang diberikan Roh Kudus itulah yang akan menuntun kita terus berjalan di dalam kehendak dan rencana Tuhan. Daud begitu membutuhkan tuntunan Roh Kudus ini, sehingga diantara sikapnya yang gagah berani, ia memiliki satu ketakutan, yaitu jika roh Tuhan meninggalkan hidupnya. Itulah sebabnya Daud berseru kepada Tuhan, “Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!” Memang sesungguhnya, diluar tuntunan Tuhan, kita akan mudah sekali tersesat di dalam dunia yang menawarkan banyak jalan kepada kita ini.

Oleh karena itulah, arahkan hati terbuka terhadap sinyal roh kudus sepanjang hari. Ingatlah bahwa Tuhan tidak hanya berbicara di pagi hari, tapi Tuhan berbicara sepanjang hari. Di pagi hari dia mempertajam pendengaran kita, sepanjang hari dia berbicara dan memberikan sinyalNya kepada kita. Sementara Anda bekerja dan berpikir, terbukalah terhadap tuntunan Roh Kudus, bisa saja tiba-tiba dia memberikan sebuah sinyal, tanda, perkataan, hikmat, atau rhema. Sementara Anda bersama-sama dengan pasangan dan anak-anak Anda, tetaplah terbuka terhadap suara Roh Kudus. Bisa saja dia mendorong Anda untuk melakukan sesuatu buat Anda anak, bisa saja dia menyuruh Anda untuk mengatakan sesuatu bagi pasangan Anda, dst. Kita harus belajar peka terhadap sinyal-sinyal Roh Kudus itu. Dengan kata lain, biasakan diri kita selalu terbuka terhadap Roh Kudus. Ini yang akan membuat kita semakin peka menangkap sinyal Roh Kudus.

RENUNGAN

Biasakanlah diri Anda selalu TERBUKA TERHADAP ROH KUDUS, inilah yang bisa membuat kita semakin peka menangkap sinyal Roh Kudus.

APLIKASI

Bagaimana Anda menanggapi sinyal-sinyal dari Roh Kudus selama ini?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, kami rindu untuk bisa menangkap sinyal-sinyal Roh Kudus yang Engkau nyatakan kepada kami. Kami buka hati kami untuk terus tertuju kepada-MU. Tuntun kami masuk dalam rencana dan kehendak-MU Ya Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 26,40, 58,61-62,64