TERIMA DAN TANAMKAN FIRMAN TUHAN DALAM HATI

BACAAN HARI INI

Lukas 8:4-15

RHEMA HARI INI

Lukas 8:15 Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan.”

Mungkin kita pernah berbicara dengan seseorang, yang selalu defensif saat kita berusaha untuk menjelaskan tentang kesalahan yang dibuatnya atau tentang apa yang seharusnya ia lakukan. Ia punya segudang alasan untuk membenarkan perbuatan atau tindakannya. Mungkin kita sampai merasa kesal dan seperti sedang debat kusir tanpa ada penyelesaian yang baik. Hal ini merupakan pertanda bahwa hati orang itu masih keras dan akan sangat sulit menerima masukan walaupun itu untuk kebaikannya.

Bukan kebetulan firman Tuhan seringkali menggunakan istilah-istilah dalam pertanian, sehingga mudah dipahami semua orang dari jaman dahulu sampai sekarang. Seperti dalam hal menanam, yang harus pertama kali dikerjakan adalah menggemburkan tanah. Sebab benih seunggul apapun, akan sia-sia saja bila tidak tertanam di tanah yang gembur. Benih itu akan kesulitan untuk berakar, bertumbuh apalagi sampai berbuah. Demikian juga Alkitab menggambarkan hati kita adalah seperti tanah. Jika tanah hati kita baik, maka benih firman yang kita terima akan tertanam, berakar bahkan berbuah lebat ketika kita tekun merawatnya (Luk 8:15)

Seberapapun parah dan hancurnya keadaan jiwa kita, ada satu obat yang tak akan pernah gagal, nama obat itu adalah FIRMAN TUHAN. Bukan tanpa alasan firman Tuhan dikatakan hidup, sebab firman mempunyai kuasa untuk MENYELAMATKAN JIWA kita. Oleh sebab itu, jika kita mau mengalami PEMULIHAN TOTAL, kita perlu menerima dengan lembut firman Tuhan dan menanamkan firman itu dalam hati kita. Menerima dengan lembut artinya, dengan sengaja dan siap, menerima apa yang Tuhan tawarkan sebagai suatu kebaikan, dan oleh karenanya kita tidak mendebat atau menolaknya. Hanya dengan demikian, firman itu akan tertanam dalam hati kita. Singkirkan benih kepahitan dan semua benih yang kotor dan jahat, lalu isi hati kita dengan firman. Rawatlah baik-baik sampai tertanam, sampai bertumbuh. Maka pemulihan total pasti terjadi atas hidup kita!

RENUNGAN

Jika kita mau mengalami PEMULIHAN TOTAL, kita perlu MENERIMA DENGAN LEMBUT firman Tuhan dan MENANAMKAN firman itu DALAM HATI.

APLIKASI

1. Sudahkah Anda menerima firman Tuhan dengan hati yang lembut?
2. Hal apa yang biasanya membuat hati Anda keras terhadap firman Tuhan?
3. Bagaimana usaha Anda untuk membuat tanah hati Anda menjadi tanah hati yang subur dan siap menerima firman Tuhan yang menyelamatkan?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa terima kasih atas pewahyuan akan kuasa Firman-Mu. Lembutkanlah hati kami agar firman yang kami terima dapat tertanam, bertumbuh bahkan berbuah lebat. Kami percaya firman-Mu sanggup mengubahkan dan membawa pemulihan total atas seluruh aspek hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!