Terimakasih, Tolong, & Maaf

RHEMA HARI INI
Efesus 4:29   “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia”

Di sebuah perusahaan ada seorang office boy yang sudah bekerja selama 20 tahun lebih sejak perusahaan itu berdiri. Suatu hari ia bermaksud untuk mengundurkan diri dari perusahaan untuk menikmati masa tuanya bersama isteri dan anaknya. Dalam sebuah pesta perpisahan kecil yang diadakan oleh pimpinanya, mantan office boy ini berpidato singkat, “Selama 20 tahun saya mengabdi di perusahaan ini, selama itu pula saya belajar banyak hal tentang hidup dan apa sebenarnya arti kata ‘melayani’. Selama 20 tahun inilah adalah masa terindah saya dalam hidup karena selalu berinteraksi dengan orang-orang sukses dan saya bangga telah melayani rekan-rekan semua.” Tepuk tangan seketika menggema memenuhi seluruh penjuru gedung. “Dan tak lupa saya mengucapkan berjuta terima kasih kepada pimpinan kita yang telah mengajarkan kepada saya bagaimana cara menghormati orang lain siapapun dia. Yang saya ingat dari beliau adalah saat menyuruh saya melakukan sesuatu, beliau selalu mengawali kata-katanya dengan kata ‘tolong’. Saat beliau sadar beliau telah melakukan kesalahan kecil beliau tak malu mengucapkan kata ‘maaf’ meskipun itu kepada bawahan seperti saya. Dan saat saya telah melakukan sesuatu untuk beliau, tak pernah lupa mengucapkan kata ‘terima kasih’ kepada saya. Disitulah mengapa saya bisa betah bekerja disini selama ini dan saya tak pernah mengeluh karena itu. Terima kasih pak, terima kasih semuanya. Terima kasih. Kalian adalah keluarga saya,” kenang office boy tersebut. Seketika gedung menjadi hening. Terlihat sang pimpinan tak kuasa menahan haru mendengar pengakuan dari karyawannya tersebut. Lalu beliau berdiri dan berjalan ke arah karyawannya itu lalu memeluknya. Seketika kejadian itu disambut oleh standing applause dari seluruh tamu undangan.

Kisah ini mengajarkan kepada kita akan kekuatan tiga kata yang terlihat sederhana tapi sangat besar pengaruhnya terhadap orang lain. Kata maaf, tolong dan terima kasih. Kalau kita bisa menggunakan 3 kata tersebut dalam hubungan rumah tangga kita, maka pasti akan terjalin sebuah komunikasi yang harmonis yang ujungnya akan mendatangkan kebahagiaan dalam keluarga.

RENUNGAN
Jangan lupa untuk selalu mengucapkan 3 kata hebat untuk kebahagiaan keluarga ini: TERIMAKASIH, TOLONG, dan MAAF.

APLIKASI
1. Sudahkah kita terbiasa mengucapkan 3 kata hebat dalam renungan kita hari ini ?
2. Apa saja yang akan Anda lakukan untuk menjadi terbiasa mengucapkan terimakasih, tolong, dan maaf ?

DOA UNTUK HARI INI
Roh Kudus, berjagalah di pintu lidah bibir kami sehingga semakin hari setiap perkataan yang kami keluarkan adalah perkataan yang membangun satu sama lain. Terimakasih Bapa. Dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.