Terimalah Firman Allah

ReMAKA: Renungan Malam Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Yohanes 15:1-8

RHEMA HARI INI
Yohanes 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Seorang pria dalam keadaan tertekan karena persoalan yang bertubi-tubi datang dalam hidupnya. Kebiasaan buruknya bermain judi bola, menyeretnya pada keadaan keuangan yang bukan makin membaik tetapi semakin bertambah buruk. Depresinya membuat kinerjanya di tempat kerja menjadi semakin buruk sehingga ia dipecat dari pekerjaannya. Dalam keadaan putus asa, ia membuka siaran televisi dan menemukan sebuah tayangan rohani dimana sang pendeta sedang menyampaikan firman Tuhan.

Di dalam benaknya terlintas pertanyaan, hidupku sudah hancur, apakah Tuhan masih bisa menolong aku. Tiba-tiba, di televisi sang pendeta mengatakan, “Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya. Seberapapun hancurnya hidup Anda, Tuhan Yesus sanggup memulihkan Anda!” Kaget, pria itu kembali berpikir, tapi aku sudah tidak punya masa depan lagi, segalanya suram di depanku. Saat itu, tiba-tiba sang pendeta berkata, “Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang.” Singkat cerita, pria ini menemukan kembali pengharapannya di dalam Tuhan. Melalui firman yang Tuhan nyatakan kepadanya, imannya bangkit kembali. Lalu ia mulai berjuang memulai usaha sablon, dan oleh pertolongan Tuhan usahanya itu berkembang sampai ia bisa memiliki 7 orang karyawan.

Firman Allah yang masuk dalam hati kita, akan memiliki kuasa daya cipta yang mampu mengubahkan hidup kita. Itu sebabnya, teruslah merenungkan firman Tuhan siang dan malam. Jangan habiskan waktu kita untuk merenungkan masalah, persoalan, kesulitan dan tantangan yang ada dalam hidup kita. Atasi semuanya itu dengan kuasa firman. Sebab barangsiapa memiliki firman, maka ia memiliki kuasa. Apa saja yang kita perkatakan yang berasal dari firman pasti akan terjadi dalam hidup kita.

RENUNGAN
Tidak hanya MERENUNGKAN, tetapi juga TERIMALAH FIRMAN ALLAH untuk masuk ke dalam diri kita.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda merenungkan dan menerima firman dalam hati Anda?
2. Bagaimanakah respon Anda terhadap firman yang Anda terima?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya Anda mengalami kuasa firman Tuhan?

DOA HARI INI
“Tuhan, kami bersyukur atas setiap firman Tuhan yang boleh kami terima. Ajar kami untuk terus mengisi hidup kami dengan firman dan merenungkan firman-Mu itu sampai firman-Mu masuk dalam hati kami. Sehingga melalui firman-Mu, kami memiliki daya cipta yang mampu mengubahkan hidup kami. Terimakasih Tuhan Yesus, di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.