Terimalah Urapan Apostolik [MINGGU]

BACAAN HARI INI

Efesus 2:1-10

RHEMA HARI INI
Efesus 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Saat seorang manusia masih kanak-kanak, tentu saja makan masih diambilkan dan disuapi. Juga masih perlu dimandikan, digendong, dan lain sebagainya karena masih belum bisa melakukannya sendiri. Namun saat sudah beranjak besar, maka seorang anak harus bisa belajar untuk makan sendiri, mandi sendiri dan belajar mandiri. Sampai ia bertumbuh dewasa, kemudian akan diutus untuk keluar dari rumah orangtuanya. Mungkin kuliah atau bekerja di luar kota, lalu berkeluarga. Ganti sekarang ia harus merawat serta membesarkan anak-anaknya. Ya itulah perputaran kehidupan yang harus terus berjalan.

Tidak ada satu orang pun orang tua yang menginginkan anaknya selamanya menjadi kanak-kanak yang tidak bertumbuh. Setiap orang tua pasti senang apabila anaknya bertumbuh dewasa, menjadi mandiri, dan pada akhirnya keluar dari rumahnya untuk membangun keluarganya sendiri. Demikian pula lah dengan Bapa rohani kita, yaitu Tuhan Yesus. Dia pun ingin agar kita bertumbuh, tidak selamanya menjadi kanak-kanak rohani yang harus diberi makan. Di gereja kita mengajarkan tentang 4D. Yaitu saat seseorang belum mengenal Yesus lalu kemudian bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, maka statusnya telah diselamatkan. Lalu setelah selamat, maka jiwa baru tersebut harus digabungkan ke dalam gereja lokal dimana ia bisa mendapatkan makanan rohani secara konsisten. Tahap berikutnya adalah dimuridkan, yaitu dimasukkan ke dalam sebuah komunitas keluarga rohani yaitu kelompok sel dimana orang tersebut dapat dirawat, dipelihara, dan bertumbuh kerohaniannya. Dan tahap terakhir adalah diutus. Ketika seseorang telah dewasa rohani maka ia pun juga harus membangun sebuah keluarga baru. Ia pun harus menyelamatkan jiwa dan juga menggabungkan serta memuridkan jiwa-jiwa tersebut.

Tuhan ingin kita naik level dari jemaat biasa menjadi jemaat apostolik. Yaitu jemaat yang mau melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus. Tak berhenti di level jemaat saja, Tuhan pun juga rindu kita bisa menjadi pelayan Tuhan apostolik yang dapat memenuhi tujuan ilahi dalam hidupnya. Saat kita diselamatkan maka sudah sepantasnya kita tidak menyimpan keselamatan itu untuk diri kita sendiri. Namun alangkah baiknya apabila kita juga memberitakan kabar keselamatan itu kepada orang-orang yang belum mengenal Yesus, sehingga banyak jiwa boleh dimenangkan bagi Kerajaan Allah.

RENUNGAN
Tuhan ingin kita NAIK LEVEL dari jemaat biasa menjadi JEMAAT APOSTOLIK dan PELAYAN TUHAN APOSTOLIK yang penuh tujuan ilahi.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda naik level dalam kerohanian Anda?
2. Mengapa Tuhan ingin Anda naik level?
3. Bagaimana cara Anda untuk bisa naik level?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, ini kami anak-Mu, kami mau dan siap untuk Engkau utus. Kami mau bertumbuh, kami mau naik level. Kami tidak mau selamanya terus menjadi kanak-kanak rohani dan hanya menjadi jemaat biasa-biasa saja. Namun kami mau berkomitmen untuk bisa Engkau pakai menjadi pelayan-Mu untuk menjalankan mandat apostolik yang Engkau berikan. Urapi dan mampukan kami, ya Tuhan. Dan biarlah kerajaan-Mu ditegakkan di muka bumi ini. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.