TETAP DAMAI DI DALAM TUHAN

RHEMA HARI INI

Yohanes 16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Karena terserang oleh virus covid-19, Pak Tri sekeluarga harus menjalani isolasi mandiri. Toko alat-alat listriknya pun terpaksa harus tutup selama 2 pekan. Kehilangan pemasukan dan pengeluaran besar untuk membeli obat dan berbagai vitamin, membuat kondisi ekonomi Pak Tri semakin terpuruk. Ia kesulitan membayar tagihan-tagihan dan mulai dilanda ketakutan akan masa depan. Terlebih saat ini anaknya sedang memerlukan banyak biaya untuk mendaftar di bangku kuliah. Pak Tri merana membayangkan ruko yang telah ia beli dengan susah payah dan menabung bertahun-tahun, akan di sita oleh Bank jika ia sampai tak bisa membayar bunga pinjaman. Jangankan kedamaian, untuk tertawa saja Pak Tri rasanya sudah tidak mampu.

Ketakutan adalah roh yang sedang gencar iblis sebarkan hari-hari ini. Seperti Pak Tri yang sesaat tercekam ketakutan sehingga hilang damai sejahteranya, ia kemudian segera mengambil langkah untuk semakin mendekat pada Tuhan. Kini Pak Tri dapat berpikir dengan tenang, ia bisa mengajukan restruktur kepada pihak Bank sehingga bebannya tidak terlalu berat. Juga Bank tidak akan dengan begitu mudahnya menyita aset seseorang, terlebih nilai ruko Pak Tri jauh melebihi jumlah pinjamannya. Setelah sampai pada pemikiran tersebut, hilanglah ketakutan dalam hati Pak Tri dan timbul damai serta harapan baru akan masa depannya.

Kondisi yang sedang kita semua hadapi saat ini memang sangat berpotensi untuk menghilangkan damai sejahtera dalam hati kita. Itu sebabnya kita butuh meminta Tuhan untuk memenuhi hati kita dengan sebuah jenis damai yang baru, yaitu DAMAI SEKALIPUN. Seperti yang rasul Yohanes katakan, selama kita hidup di dunia, kita tak akan pernah lepas dari masalah dan persoalan. Tetapi Tuhan kita, telah mengalahkan dunia! Selama kita hidup di dalam Tuhan, mengandalkan dan percaya penuh akan kedaulatan-Nya yang adil dan ajaib, kita akan tetap bisa damai sekalipun di tengah kesusahan. Kuatkan hati, tetaplah bersyukur dan bersukacita dalam segala keadaan, sebab Perjanjian Damai akan Tuhan berikan bagi mereka yang percaya kepada-Nya. (PF)

RENUNGAN

HANYA DALAM Tuhan saja kita bisa TETAP DAMAI sekalipun di tengah kesusahan.

APLIKASI

1. Bisakah Anda menjelaskan apa yang dimaksud dengan damai sekalipun?
2. Sudahkah Anda memiliki rasa damai sekalipun? Jika sudah atau belum, apa alasan Anda?
3. Bagaimana supaya Anda bisa memiliki rasa damai sekalipun?

DOA UNTUK HARI INI

β€œTuhan Yesus,kami mengucap syukur atas perlindungan dan penyertaan-Mu sampai hari ini. Mampukan kami Tuhan, untuk kami senantiasa hidup di dalam Engkau, sebab hanya dekat Engkau saja kami boleh merasa tenang dan damai sejahtera dalam segala keadaan. Terimakasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin. β€œ

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!