TETAP MEMILIKI SUKACITA DAN DAMAI SEJAHTERA DALAM SEGALA KONDISI

BACAAN HARI INI

Yesaya 41:8-20

RHEMA HARI INI

Yesaya 41:10 janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Seorang hamba Tuhan menderita sakit kanker dan dari hasil pemeriksaan terakhir, diketahui bahwa kankernya sudah meluas dan menyebar ke beberapa bagian tubuh. Tapi yang luar biasa, ia tetap setia melayani Tuhan. Meski kondisinya terlihat semakin menurun, wajahnya tetap tersenyum dan menyiratkan sukacita. Ia tetap memuji dan bersaksi bahwa Tuhan itu baik. Mungkin orang lain jika berada dalam posisinya, akan menyerah, putus asa dan tak lagi memiliki hasrat untuk melakukan apapun. Namun ia tetap percaya, Tuhan selalu memberikan yang terbaik padanya dan keluarganya. Sampai disaat terakhir hidupnya, ia berhasil menjaga sukacita dan damai sejatera dalam hatinya. Ia menang dalam pertandingan melawan kondisi dan penyakitnya.
Manusia adalah mahluk yang mudah berubah-ubah perasaannya, apa yang dilihat oleh mata dan dapat dirasakan secara nyata, langsung mempengaruhi suasana hati kita. Respon ini wajar dimiliki setiap manusia, tetapi akan menjadi tidak wajar ketika perasaan negatif yang timbul tak kunjung hilang dan menguasai pikiran kita. 1 tahun yang lalu, segala sesuatu berjalan lancar dan kita semua sedang bersiap untuk mengerahkan tenaga dan pikiran untuk kemajuan dan terobosan yang lebih besar. Ketika media mulai menyiarkan adanya virus menular di kota Wuhan China, kita semua masih tenang. Siapa mengira, hanya dalam waktu beberapa bulan, virus ini mampu mengubah begitu banyak hal dalam kehidupan umat manusia di seluruh dunia.
Kabar kematian, kabar kerugian, kabar kerusuhan dan krisis ekonomi yang semakin terasa, mau tidak mau mulai merampas sukacita dan damai sejahtera. Banyak orang mulai depresi, kehilangan senyum dan tawa dari wajah mereka. Tapi kita sebagai anak-anak Tuhan beroleh kekuatan dari janji penyertaan Tuhan (Yesaya 41:10). Raja Damai telah datang bersama dengan kemuliaan-Nya yang lebih terang dari sebelumnya. Terima dan undang Dia masuk dalam hati dan kehidupan kita. Maka kita akan menerima sukacita yang tak berkesudahan dan damai sejahtera yang mengatasi kondisi yang ada saat ini.

RENUNGAN

Jangan izinkan KONDISI yang ada MENGAMBIL sukacita dan damai sejahtera yang ada dalam diri kita.

APLIKASI

1. Apakah kondisi yang ada saat ini, membuat Anda kehilangan sukacita dan damai sejahtera?
2. Mengapa Tuhan mau Anda tetap memiliki sukacita dan damai sejahtera dalam segala kondisi?
3. Bagaimana cara Anda menjaga sukacita dan damai sejahtera yang ada dalam diri Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, Engkaulah Raja Damai dan Raja Kemuliaan. Kami percaya di dalam Engkau, kami tak akan pernah kehilangan sukacita dan damai sejahtera. Terimakasih Bapa, tinggal dan masuklah dalam hati kami mulai saat ini dan selamanya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!