Tidak Ada yang Mustahil bagi Pemulihan Keluarga

Renungan Keluarga Allah
Senin, 04 Juli 2016

BACAAN HARI INI

Yeremia 29:1-23

RHEMA HARI INI

Yeremia 29:14 Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman Tuhan, dan Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu dari antara segala bangsa dan dari segala tempat kemana kamu telah Kuceraiberaikan, demukianlah firman Tuhan, dan Aku akan mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang kamu.

Masih ingat dengan film “War Room” yang diputar beberapa waktu yang lalu? Diceritakan tentang suami-istri, Tony dan Elizabeth Jordan yang memiliki keluarga lengkap dengan seorang putri, rumah dan pekerjaan yang bagus. Tapi ternyata hubungan di dalamnya mengalami konflik dan di ambang kehancuran. Komunikasi yang saling menyerang, putri yang mulai menyimpan kebencian kepada ayahnya dan merasa tidak diperhatikan, juga wanita lain yang nyaris masuk dalam kehidupan Tony. Dalam kondisi seperti itu, Tuhan mengirimkan seseorang, Miss Clara, yang membukakan kebenaran kepada Elizabeth tentang kuasa doa atas sebuah pemulihan.

Elizabeth yang memiliki banyak kepahitan dan kemarahan kepada suaminya ditantang untuk terlebih dahulu bertindak. Semuanya tampak sukar, tapi Miss Clara terus menguatkan bahwa BAGI TUHAN TIDAK ADA YANG MUSTAHIL, hanya memang perlu bayar harga, pengorbanan dan perjuangan. Elizabeth memutuskan untuk mengampuni suaminya, dan mulai berdoa! Dia sadar bahwa MUSUH DALAM KELUARGANYA BUKANLAH SUAMINYA, TETAPI IBLIS! Iblislah yang harus dilawan, iblis yang harus disingkirkan. Dan pengampunan adalah jalan untuk memulai peperangan itu. Karena tanpa pengampunan, iblis masih punya tempat di dalam rumah tangga mereka dan pemulihan tidak mungkin terjadi.

Singkat cerita, perubahan demi perubahan terjadi hingga kuasa Tuhan memanifestasikan pemulihan dalam keluarga mereka. Tony mulai kembali berfungsi sebagai ayah bagi putrinya, dan imam bagi keluarganya. Bahkan mereka bisa menjadi berkat bagi orang lain.

Bagi Anda yang sedang berjuang untuk sebuah hubungan, entah itu hubungan suami istri, Anda sebagai anak, atau sebagai orang tua, jangan menyerah! Karena Tuhan jauh lebih menginginkan pemulihan itu dibanding Anda sendiri. Hanya saja, Anda tidak boleh salah sasaran. Ingatlah bahwa dalam situasi yang rumit, menyakitkan dan mustahil, iblislah yang menjadi musuh Anda bukan orang tua, anak, suami atau istri Anda. Jangan mau diperdaya oleh iblis sehingga Anda justru menciptakan peperangan dengan pihak yang salah. Mintalah kekuatan Tuhan supaya Anda dimampukan untuk memiliki HATI YANG MENGAMPUNI. Ketika Anda sudah memiliki hati yang bebas dari kebencian dan kemarahan, barulah dimulai peperangan itu. Dan percayalah, kuasa Tuhan akan menyertai Anda. Ya, jika Allah dipihak Anda, siapakah lawanmu? Tentu saja tidak ada. Dia akan mengerjakan bagianNya bagi Anda, yaitu melakukan yang mustahil jadi nyata. Pemulihan bukan lagi menjadi hal yang sukar bagi keluarga Anda. Jangan menyerah, karena tidak hanya pemulihan yang akan terjadi, tetapi Anda dan keluarga Anda akan menjadi kesaksian bagi kemuliaan nama Tuhan!

RENUNGAN

Serumit apapun hubungan yang Anda alami dalam keluarga Anda, di dalam Tuhan MASIH ADA HARAPAN bagi keluarga Anda.

APLIKASI

  1. Apakah Anda pernah/masih ada didalam peperangan yang salah? Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk mengubahnya?
  2. Pemulihan apakah yang sedang Anda perjuangkan? Dan apakah yang akan Anda lakukan supaya Anda tidak mudah menyerah?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, aku percaya bahwa Engkau selalu bersamaku disetiap perjuangan dalam hidupku. Aku percaya pemulihanMu ya dan amin dan rancanganMu adalah yang terbaik. Mampukan aku untuk terus berjuang sampai pemulihan itu benar-benar terjadi dan namaMu dipermuliakan dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus, amin!

BACAAN ALKITAB SETAHUN

1 Korintus 1-4