TIDAK BISA BERBUAH JIKA TIDAK BERAKAR

RHEMA HARI INI

Markus 4:6 Tetapi sesudah matahari terbit, layulah ia dan menjadi kering karena tidak berakar.

Perjalanan bangsa Israel dari Mesir menuju tanah perjanjian, memerlukan waktu yang lebih lama dari seharusnya. Sampai 40 tahun bangsa Israel harus berputar-putar di padang gurun. Jika keadaan baik, atau mengalami pertolongan dan mujizat dari Tuhan, mereka bisa memuji-muji Tuhan. Saat melihat sendiri, bagaimana Tuhan membelah laut Teberau, sehingga mereka dapat berjalan di tengah lautan seperti berjalan di atas tanah kering, mereka bermazmur bagi Tuhan dan memuliakan nama-Nya. Tetapi begitu diperhadapkan dengan situasi sulit, kesukaran dan tantangan yang berat, dengan secepat kilat sikap hati mereka berubah 180 derajat. Mereka menggerutu, mengeluh, bersungut-sungut dan marah kepada Musa pemimpin mereka, juga kepada Tuhan. Perbuatan bangsa Israel ini, benar-benar menyakiti hati Tuhan. Tak heran mereka mengalami jatuh bangun dan angkatan pertama yang tegar tengkuk, tak pernah bisa memasuki tanah perjanjian.

Kondisi iman bangsa Israel dalam perjalanan di padang gurun, menjadi pembelajaran bagi kita. Seperti itulah keadaannya jika kita tidak berakar kuat di dalam Tuhan. Ketika menghadapi kesulitan hidup, orang yang tidak memiliki akar di dalam Tuhan, akan cenderung menjadi lemah, mudah goyah dan akhirnya jatuh. Sebaliknya ketika kita memiliki akar yang kuat dan kokoh di dalam Tuhan, saat menghadapi kesulitan, kita justru semakin mengandalkan Tuhan dan mendekat kepada-Nya. Akar yang kuat membuat hidup kita akan senantiasa berbuah lebat, apapun tantangan yang kita alami.

Mari bangun hidup kita untuk semakin melekat, mendekat dan berakar dalam Tuhan. Pegang teguh firman Tuhan, konsisten dalam membangun pujian penyembahan untuk Tuhan dan jadikan doa sebagai nafas hidup kita sebagai orang percaya. Dengan demikian, akar kita akan semakin dalam dan kuat. Nutrisi dari Tuhan akan menumbuhkan dan menguatkan rohani kita, membuat kita menjadi pribadi-pribadi yang sarat buah dan menjadi berkat bagi kemuliaan nama Tuhan. (Rdf)

RENUNGAN

Kita PERLU BERAKAR, sebab jika tidak, maka kita TIDAK BISA MENGHASILKAN buah.

APLIKASI

1. Mengapa Anda harus berakar supaya dapat menghasilkan buah?
2. Sudahkah Anda berakar di dalam Tuhan? Jika belum, apa yang menghalangi Anda?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil untuk mengaplikasikan renungan hari ini dalam kehidupan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami rindu dapat berakar kuat di dalam-Mu. Sehingga, sekalipun kami menghadapi tantangan dan kesulitan, kami tetap dapat bersyukur dan memuliakan nama-Mu. Biarlah melalui hidup kami, nama-mu semakin ditinggikan dan dimuliakan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami telah berdoa. Amin”

!

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!