Tidak Hanya Menguasai Teorinya

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 20 Oktober 2016

BACAAN HARI INI

Yohanes 4:31-38

RHEMA HARI INI

Yohanes 4:34 Kata Yesus kepada mereka: “Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.

Ada seorang anak remaja yang antusias belajar berenang. Ia ingin bisa berenang seperti semua teman sekelasnya. Ia juga gelisah karena berenang merupakan salah satu mata pelajaran olahraga yang masuk dalam penilaian. Akhirnya ia bukan hanya memanggil guru renang privat, tetapi juga membeli buku-buku teori berenang dan VCD/DVD tentang perlombaan renang. Ia mempelajari semua itu dan menjadi bangga karena telah menguasai semua teorinya. Ia menganggap dirinya pasti bisa berenang.

Kemudian, tibalah saatnya bagi anak itu untuk mempraktikkan semuanya itu. Namun, ketika guru privatnya memintanya masuk ke kolam, ia menyadari bahwa kolam itu dalam dan airnya dingin. Tiba-tiba anak itu mundur ketakutan. Setelah itu, seberapa pun kerasnya gurunya memotivasi dan mendorong, anak itu tetap tidak mau masuk ke dalam kolam. Lalu gurunya berkata, “Seberapa banyaknya teori tentang berenang yang kamu sangat kuasai itu tidak akan pernah menunjukkan bahwa kamu sudah bisa berenang. Hanya saat kamu mau turun dan MEMPRAKTIKKAN semua yang kamu ketahui dan berlatih terus-menerus dengan tekad, semangat dan keberanianlah kamu akan benar-benar bisa berenang!” Anak remaja itu pun menyadari kekeliruannya dan mulai menguatkan hati untuk benar-benar melakukan semua teori yang dimilikinya.

Tidakkah ilustrasi di atas mengingatkan kepada Anda bahwa teori-teori tentang bagaimana meraih kemenangan, keberhasilan dan terobosan sama sekali tidak berarti dan tidak menunjukkan apa-apa selama tidak ada TEKAD YANG KUAT DARI DIRI ANDA SENDIRI untuk melakukan semua yang Anda ketahui? Memang butuh keberanian mengalahkan rasa takut, tidak percaya diri, malas, tidak ingin repot, dll. Namun, hal itulah yang akan menjadi jalan bagi perubahan yang terjadi dalam aspek hidup Anda kelak. Ayo kalahkan diri sendiri! Mintalah kekuatan dari Tuhan dan bayangkanlah keberhasilan Anda. Ingatlah perkataan ilustrasi ini: “Menguasai teori berenang, sama sekali tidak menunjukkan bahwa Anda BISA berenang!” Lakukanlah, bertindaklah dan jadikanlah sebagai gaya hidup, maka Anda akan melihat kemenangan yang sungguh-sungguh nyata terjadi dalam hidup Anda. Haleluya!

RENUNGAN

Yang membuat kita berhasil bukanlah seberapa banyak pengetahuan kita, tetapi KEBULATAN TEKAD untuk MELAKUKAN apa yang kita ketahui

APLIKASI

  1. Di bagian manakah dalam aspek hidup Anda yang Tuhan ingatkan supaya Anda bertindak, saat Anda membaca renungan di atas? Tuliskanlah hal itu dan buatlah resolusi untuk membuat sebuah perubahan!
  2. Gunakanlah firman Tuhan: catat dan perkatakan sebagai rhema dan kekuatan untuk menolong Anda!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, tolonglah kami supaya kami mampu untuk menjadi pelaku fiman-Mu supaya apa yang kami ketahui: hikmat, pengertian, dll, bisa benar-benar kami terapkan dalam hidupku. Kami percaya kemenangan dari-Mu pasti akan nyata dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ulangan 17-20