Tidak Melipatgandakan Talenta = Kemunduran

RHEMA HARI INI

Matius 25:25-26 25 “Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan! 26 Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak menanam?”

Kolonel Harland Sanders adalah pendiri waralaba ayam goreng terkenal KFC. Dia memulainya di usia 66 tahun. Pensiunan angkatan darat Amerika ini tidak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tuanya, yang semakin menipis. Namun dia memiliki talenta dalam memasak dan menawarkan resep masakannya ke lebih dari 1.000 restoran di negaranya dan barulah restoran ke-1008 yang akhirnya menerima resepnya. Kolonel Harland Sanders adalah pelopor Kentucky Fried Chicken atau KFC yang telah tumbuh menjadi salah satu yang terbesar dalam industri waralaba makanan siap saji di dunia.

Banyak orang tidak menyadari bahwa ia memiliki talenta. Setelah sadar pun, tidak lantas orang mudah percaya diri mengembangkannya. Masa lalu, merasa tidak mampu, dan kurang percaya diri membuat orang harus diyakinkan berulang-ulang bahwa ia bisa meraih potensi maksimal dengan mengembangkan dan memaksimalkan talentanya. Tanpa kerja keras, komitmen untuk terus belajar mengembangkan talenta, talenta itu pun tidak akan banyak berguna.Dalam kisah di atas, Kolonel Harland Sanders berhasil melipatgandakan talentanya ketika menawarkan resepnya di restoran ke-1008. Kalau saja dia berhenti dan tidak mau menawarkan resepnya setelah ditolak restoran ke-1000 maka dia tidak akan pernah berhasil melipatgandakan talentanya dan akan tetap miskin. Usia bukanlah halangan untuk mengembangkan talenta. Berapa kali Anda pernah gagal dalam melipatgandakan talenta Anda? Ingat, kita tidak tahu sampai langkah yang keberapa kita akan berhasil. Yang penting, maju terus, lipatgandakan talenta  Anda bersama Tuhan. Mulai sekarang belajarlah untuk berfokus pada melipatgandakan talenta Anda dan berusahalah unuk memperbesar kapasitas skill kemampuan Anda sehingga Anda lebih produktif dan maksimal. Tidak mengembangkan sebuah talenta, bukanlah sebuah kelalaian, bahkan bukan hanya sebuah kebodohan, tetapi merupakan sebuah kejahatan, seperti dikatakan pada Injil Matius Pasal 25 ayat yang ke-26 “Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas”. Tahukah Anda bahwa suatu saat nanti, kita harus mempertanggungjawabkan segalanya kepada Tuhan. Hanya ketika kita mau melipatgandakan talenta maka kita akan maju, sebaliknya kalau kita tidak melipatgandakan talenta maka kita akan mundur. (ABU)

RENUNGAN

Sadarilah, hanya ketika kita MELIPATGANDAKAN TALENTA maka kita akan MAJU, sebaliknya kalau kita TIDAK MELIPATGANDAKAN TALENTA maka kita akan MUNDUR.

 APLIKASI

  1. Bagaimana denga talenta yang Anda miliki, kemajuan ataukah kemunduran. Coba uji ?
  2. Apa yang akan Anda lakukan agar talenta Anda lebih maju ?

 DOA UNTUK HARI INI
Tuhan kami bersyukur karena Engkau mempercayakan talenta yang luarbiasa bagi kami, kami mau terus melipatgandakan talenta itu Tuhan. Amin