Tidak Menyerah Di Musim Dingin

never give upRHEMA HARI INI
Mazmur 112:4   Di dalam gelap terbit terang bagi orang benar; pengasih dan penyayang orang yang adil.

Berikut ini adalah daftar tahun-tahun ‘musim dingin’ dari orang yang dalam hidupnya banyak menghadapi badai dan tantangan. 1831 – Dia mengalami kebangkrutan dalam usahanya. 1832 – Dia kalah dalam pemilihan lokal. 1833 – Kembali dia mengalami kegagalan dalam usahanya. 1835 – Istrinya meninggal dunia. 1836 – Ia stress dan menderita tekanan mental sedemikaian rupa sehingga hampir saja masuk rumah sakit jiwa. 1837 – Kalah dalam lomba pidato. 1840 – Ia gagal dalam pemilihan anggota Senat Amerika Serikat. 1842 – Ia menderita kekalahan untuk duduk sebagai anggota kongres Amerika. 1848 – Ia kalah lagi dalam kongres. 1855 – Ia kalah lagi di Senat AS. 1856 – Ia gagal dalam pemilihan untuk duduk sebagai Wakil Presiden Amerika. 1858 – Ia gagal lagi di Senat. 1860 – Akhirnya, ia berhasil terpilih sebagai Presiden AS. Siapakah dia? Namanya adalah Abraham Lincoln. Umumnya, orang yang terus-menerus menghadapi kegagalan, mereka sudah putus asa atau mundur teratur. Tetapi tidak demikian dengan Abraham Lincoln, ia terus gigih, maju terus, dan tak pernah goyah. Sampai akhirnya ia mencapai sukses luar biasa. Diperlukan kegigihan yang lebih dari biasanya untuk bisa melewati musim dingin. Jangan menyerah! Dimana ada kegigihan, pasti disitu ada jalan keluar!

Sikap mudah menyerah, patah semangat, putus asa, tidak boleh dimiliki oleh setiap orang yang inging sukses dan berhasil. Mengapa? Karena sifat demikian adalah hambatan yang paling besar. Orang-orang yang berhasil itu mulanya adalah orang-orang yang sederhana. Namun satu hal yang sangat menarik dalam diri mereka adalah sikap ‘pantang menyerah’ dengan kesukaran dan kegagalan yang mereka alami. Saat semua usaha kita beku dan semua jalan tertutup, jangan menyerah! Berusahalah lebih keras untuk bisa bertahan bahkan berkemenangan melewati musim dingin kehidupan. Saat kita gigih dan tidak menyerah, maka tiba-tiba Tuhan akan mempertemukan saudara dengan orang yang tepat sehingga saudara bisa naik ke level yang baru dalam pekerjaan saudara. Tuhan akan membuka pintu kesempatan yang baru, sehingga terobosan besar terjadi dalam pelayanan saudara. Tuhan akan menunjukkan jalan keluar, sehingga kebekuan dalam keluarga anda berubah menjadi kebahagiaan yang luarbiasa! Seperti apa yang yang dikatakan oleh Norman Vincent Peale, salah seorang pendeta terkenal Amerika: “Kehebatan seseorang tidak terletak pada sikap mereka dalam menghadapi hal-hal yang baik, tetapi pada saat mereka menghadapi hal-hal yang buruk dan kegagalan yang melanda mereka.” Sikap tidak menyerah ada pada kita kalau kita sadar Tuhan Yesus Kristus dengan kuasaNya sanggup menolong kita.

RENUNGAN
Diperlukan kegigihan yang lebih dari biasanya untuk bisa melewati musim dingin. Jangan menyerah! Dimana ada kegigihan, pasti disitu ada jalan keluar!

APLIKASI
1. Apakah Anda pernah menghadapi kegagalan? Pelajaran apa yang Anda ambil dari kegagalan yang Anda alami?
2. Komitmen apa yang akan Anda buat supaya bisa gigih dalam menghadapi ‘musim dingin’ kehidupan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan yang Mahakuasa, kami percaya ketika kami tetap tekun, pantang menyerah dan terus gigih dalam pergumulan kami maka Engkau dengan kuasa-MU akan membawa kami kepada kemenangan dan keberhasilan. Terimakasih Tuhan. Amin