Tindakan Kasih Membuka Kesempatan

BACAAN HARI INI
1 Korintus 13:1-13

RHEMA HARI INI
“Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.”
1 Korintus 13:1

“Sindu, habiskan nasinya!” bentak istriku. “Ayah, berapa lama lagi kamu mau membaca koran? Suruh Sindu menghabiskan nasinya!”

Sindu duduk berlinang air mata sambil memandang nasi susu asam (curd rice, nasi khas India) di hadapannya. Sindu anak yang manis dan termasuk pintar di usianya yang baru 8 tahun ini sangat tidak suka makan curd rice.

Aku mengambil mangkuk piringnya dan berkata dengan lembut, “Sindu sayang, demi ayah, maukah kamu makan beberapa sendok saja?” Tangis Sindu mulai mereda, ia mulai menghapus air matanya dan menatap mataku tajam. “Ayah, aku akan habiskan curd rice ini tapi ayah dan ibu harus mengabulkan satu permintaanku.”

Senin pagi aku mengantar Sindu ke sekolah. Dengan riang gembira ia berjalan setengah berlari menyapa teman-temannya dengan tersenyum. Walaupun Sindu hari itu sangat gembira, tidak demikian dengan diriku melihat anak perempuan manisku kehilangan rambut indahnya. Ya, Sindu meminta kami untuk mencukur habis rambutnya. Permintaan yang aneh menurutku, namun harus kami lakukan karena kami sudah berjanji padanya.

“Apakah Anda ayah Sindu?” tiba-tiba aku mendengar suara seorang wanita di sampingku. Dengan tersedu sedan ia mulai berkata, “Saya benar-benar tidak menyangka bahwa Sindu akan mencukur habis rambutnya. Anak saya, Harish, menderita kanker sehingga ia kehilangan seluruh rambutnya. Ia tidak mau masuk sekolah karena malu dan takut diejek teman-temannya. Minggu lalu, Sindu datang ke rumah dan berjanji pada Harish bahwa tidak akan ada teman-teman yang mengejeknya. Saya tidak menyangka bahwa Sindu akan mengorbankan seluruh rambutnya.”

Banyak dari kita melayani Tuhan dengan menggebu-gebu, bahkan kita berikan sebagian besar waktu kita untuk pelayanan, namun terkadang kita lupa akan hal paling mendasar ini, KASIH. Tuhan Yesus adalah kasih, ia rela menderita dan memberikan nyawa-Nya sendiri bagi kita. Bagaimana dengan Anda? Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Semua TINDAKAN KASIH yang kita lakukan akan MEMBUKA KESEMPATAN untuk bersaksi tentang Yesus.

APLIKASI
1. Ceritakan tindakan kasih yang paling menyentuh hati Anda.
2. Apa komitmen Anda setelah mengetahui bahwa tindakan kasih Anda membuka kesempatan untuk bersaksi bagi jiwa-jiwa ?

DOA UNTUK HARI INI
Segala puji hanya bagi-Mu Tuhan. Terima kasih untuk pengajaran hari ini. Kami mau melakukan tindakan-tindakan kasih kepada orang-orang di sekeliling kami.
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hakim-Hakim 9-10
Kisah Para Rasul 26