Tinggal Di Bawah Berkat Tuhan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Tawarikh 1-3
Yohanes 10:1-23

BACAAN HARI INI

Mazmur 4:1-9

RHEMA HARI INI

Mazmur 4:7 Banyak orang berkata: “Siapa yang akan memperlihatkan yang baik kepada kita?” Biarlah cahaya wajah-Mu menyinari kami, ya TUHAN!

Tahun 70 Masehi, bangsa Yahudi terang-terangan memberontak terhadap kekuasaan Roma. Mereka menghentikan persembahan harian untuk Kaisar dan dengan demikian menolak perlindungan dan jaminan keamanan yang telah bertahun-tahun diberikan penguasa Roma kepada daerah-daerah yang mengakui kekuasaan kekaisaran Romawi. Dalam pemberontakan tersebut, mereka bahkan menewaskan hampir 6.000 tentara Romawi. Serangan balas dendam Roma yang mengerahkan 60.000 tentara berpengalaman di medan perang, bukan hanya meruntuhkan benteng pertahanan Yerusalem, tetapi berujung pada hancurnya Bait Allah. Sejak itu, bangsa Yahudi pun terserak ke seluruh penjuru bumi, sampai akhirnya negara Israel didirikan pada zaman modern ini.

Sementara ada perbedaan besar antara perlindungan dari Roma dan perlindungan Tuhan, tetapi ada satu kesamaan diantara keduanya. Kuat kuasa keduanya jauh di atas kekuatan bangsa Yahudi. Satu kesalahan terbesar bangsa Yahudi adalah, mereka bukan hanya meremehkan kekuatan bangsa Romawi, tetapi tidak bergerak sesuai petunjuk Tuhan. Inilah yang pemazmur Daud pahami. Daud sadar betul betapa hidupnya tergantung pada perkenanan Tuhan. Tak peduli seberapa besar permasalahan dan kesesakan yang mengepungnya, ia percaya kepada Tuhan yang menjamin keamanan dan kesejahteraannya. Tuhan pun tidak mengkhianati kepercayaan Daud, Dia mengangkat Daud dari seorang penggembala yang nyaris dilupakan, menjadi raja yang paling berpengaruh dalam sejarah raja-raja Israel.

Seperti Daud, hendaknya hidup kita pun berkenan di hati Tuhan, sehingga cahaya wajah-Nya senantiasa menyinari hidup kita. Saat wajah Tuhan menyinari hidup kita, segala berkat dan anugerah melimpah-Nya pun akan menyertai setiap langkah kita sepanjang hidup kita. Itu sebabnya, jangan remehkan momen doa berkat sebelum ibadah selesai. Momen yang sangat penting saat Tuhan tengah menyinari kita dengan wajah-Nya. Momen ketika Tuhan Yesus sendiri yang sedang mengangkat tangan-Nya untuk memberkati hidup kita. Tetaplah tinggal di bawah berkat Tuhan, maka anugerah melimpah dinyatakan atas hidup kita. (DAM)

RENUNGAN

Ketika TUHAN MENYINARI kita dengan WAJAH-NYA, saat itulah KASIH KARUNIA dan FAVOR BESAR diberikan kepada kita.

APLIKASI

1. Mengapa Tuhan tidak ingin kita mengabaikan momen doa berkat?
2. Yakinkah Anda, doa berkat akan mendatangkan anugerah berlimpah dalam hidup saudara?
3. Komitmen apakah yang Anda lakukan agar Anda tidak memandang remeh momen doa berkat sehingga itu mendatangkan anugerah berlimpah bagi hidup saudara?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih atas berkat-berkat dan anugerah-Mu sepanjang hari ini. Terima kasih untuk rhema firman-Mu hari ini. Kami sungguh-sungguh percaya dengan kami tidak mengabaikan momen-momen doa berkat di akhir ibadah dan senantiasa hidup seperti Daud yang rindu untuk disinari wajah Tuhan, maka anugerah hidup berlimpah akan terjadi dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”