Tingkat Kuasa

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 1:6-11

RHEMA HARI INI
Kisah 1:8 “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

“Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”

Kalimat itu membuat hatinya terpukau. Hati seorang nelayan biasa bernama Simon Petrus. Kalimat itu jugalah yang membuatnya memutuskan meninggalkan segalanya dan mengikuti seorang asing yang baru saja ditemuinya.

“Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.”

Kalimat itu terpatri dalam hatinya. Hati seorang nelayan biasa bernama Simon Petrus. Kalimat pengakuan dari Mesias, Anak Allah yang hidup.

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Kalimat itu bergema dalam hatinya. Hati seorang nelayan biasa bernama Simon Petrus. Kalimat dari Guru, Sahabat, dan Tuhan yang membuatnya mantap melangkah sampai ke ujung bumi untuk menyelesaikan misi penyelamatan umat manusia.

Anda dan saya adalah bukti nyata karya keselamatan yang dikerjakan oleh murid-murid Yesus, salah satunya adalah Simon Petrus. Berawal dari sebuah kalimat sederhana yang dilontarkan seorang asing, mampu menyejukkan hati seorang nelayan yang sudah penat bekerja. Aliran air hidup masuk dalam hati Petrus dan menjadi sebuah mata air yang terus memancar. Disitulah Simon Petrus memutuskan meninggalkan segalanya dan mengikut Yesus. Tidak berhenti sampai disitu, mata air yang ada dalam hatinya terus memancarkan aliran-aliran air hidup ketika hari demi hari ia dekat dengan Yesus, Guru dan Sahabatnya.

Namun, Injil tidak akan diberitakan sampai ke ujung bumi jika Petrus berhenti di level itu. Petrus mulai melangkah dalam pengurapan Roh Kudus. Dengan iman, ia terima kuasa yang menjadikannya seorang saksi, bahkan martir dengan keberanian dan kesetiaan luar biasa untuk menyelesaikan misi Tuhan Yesus di bumi, yaitu menyelamatkan umat manusia. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
Tingkat KEPENUHAN ROH KUDUS yang kita alami akan MENENTUKAN TINGKAT KUASA yang kita terima.

APLIKASI
 Apa yang Anda dapatkan dari renungan hari ini ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami tahu bahwa Roh Kudus-Mu sudah ada dalam hati kami. Ajari kami untuk berjalan lebih jauh dalam pengurapan Roh-Mu. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 45-46
Yakobus 2