Tingkat Pengenalan = Tingkat Kemuliaan

Renungan Keluarga Allah
Senin, 09 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Efesus 1:1-23

RHEMA HARI INI

Efesus 1:18 Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus,

Seorang anak bernama Bill dibesarkan oleh ibu tirinya sejak sang Ayah meninggal dunia. Dia adalah pewaris tunggal dari seluruh harta kekayaan peninggalan ayahnya. Tetapi sayang, karena keserakahan ibu tirinya yang ingin memiliki harta warisan itu, Bill dijauhkan dari keluarga besarnya sendiri supaya Ibu tirinya bisa dengan leluasa mempengaruhi Bill. Sekian lama Bill selalu mendengar cerita tentang keburukan semua saudaranya yang tentu saja itu adalah kebohongan dari sang Ibu tiri.
Sampai akhirnya, tanpa sengaja Bill bertemu dengan seorang teman Ayahnya yang menceritakan kejahatan Ibu tirinya itu. Dan Bill pun segera menjumpai semua keluarga besarnya, sehingga hidupnya pun terselamatkan.

Sama seperti Bill yang mengenal kerabatnya dari informasi yang salah, kadang tanpa sadar Anda pun bisa mengenal Tuhan dengan salah. Kekecewaan, penolakan, kegagalan, perlakuan yang buruk dari orang lain, seringkali dipakai oleh iblis untuk menjauhkan Anda dari sifat Bapa yang sesungguhnya. Ingatlah, iblis selalu mengambil kesempatan dalam setiap masalah yang Anda hadapi dengan cara menanamkan pengertian yang salah tentang Tuhan. Firman Tuhan berkata, “sekali-kali Aku tidak akan meninggalkan engkau’, tetapi Iblis berkata Anda ditinggalkan oleh-Nya! Ketika Anda ditolak, Tuhan berkata “engkau biji mataKu’, tapi iblis pasti mengatakan tidak ada yang mengasihi Anda. Siapa yang akan Anda percayai? Dan hari ini, Anda menerima kebenaran bahwa iblis akan selalu mencuri pengenalan akan Tuhan dan menjauhkan Anda dari kemuliaan-Nya.

Tuhan sudah memberikan RohNya, yaitu ROH KUDUS untuk membimbing dan mengajar tentang kebenaran. Ambillah keputusan, hancurkan tipu muslihat iblis dengan terus menghidupi kebenaran tentang Pribadi Tuhan melalui Firman dan mintalah Roh Kudus untuk senantiasa memenuhi dan mengingatkan apabila pikiran dan perasaan Anda mulai mempercayai hal yang salah. Percayalah, seburuk apapun keadaan yang sedang terjadi dalam hidup Anda, kebenarannya adalah semakin Anda mengenal pribadi-Nya dengan benar, hidup Anda akan semakin diubahkan dan kekayaan kemuliaan-Nya akan makin nyata!

RENUNGAN

Tingkat KEMULIAAN TUHAN yang kita alami ditentukan oleh tingkat PENGENALAN kita akan Roh Kudus.

APLIKASI

  1. Adakah pengalaman yang Anda alami yang tanpa sadar mengubah kebenaran yang Anda miliki tentang Tuhan? Jika ada, tulis dan renungkanlah mengapa hal itu bisa terjadi!
  2. Komitmen apakah yang akan Anda lakukan untuk terus teguh berpegang kepada kebenaran tentang Tuhan sekalipun keadaan buruk yang terjadi?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, biarkanlah Roh KudusMu terus ada dalam hati kami, supaya kami terus diajar dan dituntun masuk dalam pengenalan akan Engkau sehingga kami semakin hidup dalam kemuliaan yang sudah tersedia bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, Amin!

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Maleakhi