Tuaian Yang Luar Biasa Dari Ketekunan

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Efesus 4:16-29

RHEMA HARI INI
Efesus 4:28 Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.

Seorang pria kelahiran Surabaya Jawa Timur bernama Rudi Suparto, pada tahun 2005 memutuskan untuk pergi ke Amerika Serikat untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Mantan sales ini terbilang nekat karena sebenarnya ia tidak bisa berbahasa Inggris. Alhasil tahun-tahun pertamanya di Amerika Serikat tidaklah mudah. Ia tak bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik selain menjadi tukang cuci piring di sebuah restoran. Hanya itulah sumber nafkahnya di tahun-tahun awal hidupnya di negeri paman Sam. Sedih sekali sebenarnya hati Rudi, karena ia tidak biasa memegang sampah dan kotoran makanan. Namun hebatnya, kondisi menyedihkan ini tidak membuat Rudi menyerah ataupun kehilangan semangat. Disela-seIa kesibukan kerjanya, ia belajar bagaimana cara memasak dan seluk beluk restoran.

Berkat ketekunan dan kegigihannya selama beberapa tahun akhirnya Rudi berhasil membuka sebuah restoran cepat saji yang diberi nama Wok Express. Restoran ini terletak di jalan utama kompleks kasino Las Vegas, Amerika Serikat. Hebatnya, setelah sukses, Rudi ingin membantu sesama imigran asal Indonesia. Seluruh karyawannya adalah orang Indonesia, dan hanya juru masaknya saja yang warga China. Walaupun sudah memiliki kehidupan mapan di Amerika, Rudi tetap berencana untuk menghabiskan masa tuanya di Indonesia.

Kita memang tidak selalu mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang kita inginkan atau cita-citakan. Namun tetaplah kerjakan dengan giat dan tekun. Bukan sembarang bekerja tapi lakukan segalanya dengan sebaik-baiknya. Jadilah yang terbaik di bidang yang kita kelola. Saat itulah Tuhan akan memakai apa yang sedang kita upayakan, usaha kita, karir kita untuk memberikan tuaian yang luar biasa. Tuhan akan memberkati setiap pekerjaan tangan yang dilakukan dengan kesungguhan, sebab Tuhan menyukai orang yang rajin dan giat bekerja. Dia akan menyertai dan mencurahkan favor-Nya atas pekerjaan kita. Dan bersiaplah menerima tuaian mujizat keuangan besar dibawah langit yang terbuka. (PF)

RENUNGAN
Bekerjalah dengan GIAT dan TEKUN, sebab Tuhan akan MEMAKAI apa yang kita UPAYAKAN untuk memberikan TUAIAN YANG LUAR BIASA.

APLIKASI
1. Apa pekerjaan Anda saat ini?
2. Sudah sesuai atau belum dengan keinginan Anda? Mengapa?
3. Coba cari dan pikirkan apa yang bisa Anda tingkatkan dalam pekerjaan Anda saat ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terimakasih atas pekerjaan yang telah Kau percayakan pada kami. Kami akan mengelolanya sebaik mungkin, beri hikmat pada kami Tuhan agar kami dapat melihat peluang dan kesempatan dalam pekerjaan kami. Biarlah pekerjaan kami menjadi saluran berkat bagi banyak orang dan bagi perluasan kerajaan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.