Tubuh Kita Adalah Milik Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 08 Maret 2017

BACAAN HARI INI

1 Korintus 6:11-20

RHEMA HARI INI

1 Korintus 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Suatu kali, ada seorang teman yang datang kepada Anda dan mengeluh tentang keadaannya. Teman Anda ini pedagang kue dan karena suatu hal, kendaraan yang biasa dipakai untuk berjualan rusak. Sehingga kini ia mengalami kesulitan. Anda tergerak untuk menolongnya dan memutuskan untuk meminjamkan kendaraan yang Anda sayangi kepadanya. Selang beberapa waktu, Anda melihat kendaraan milik Anda itu keadaannya sangat buruk. Kelihatannya tidak pernah dicuci dan dibersihkan. Banyak bekas goresan di catnya, kaca spion tinggal satu, dan entah kapan terakhir kalinya diservis. Ternyata, selama ini teman Anda memakainya dengan sembarangan. Tidak untuk berjualan saja, tetapi juga untuk ngebut-ngebutan. Bagaimana reaksi Anda ketika mengetahui hal itu? Anda pasti menyayangkan, mengapa teman Anda begitu tidak bertanggung jawab dan menyalahgunakan kebaikan Anda. Atau bisa jadi Anda akan kecewa, marah bahkan meminta kembali kendaraan itu dan tidak mau meminjamkannya lagi.

Sadarkah bahwa seperti itu jugalah Anda di hadapan Tuhan? Ketika Anda tidak menjaga tubuh yang jelas-jelas adalah milik-Nya, sesungguhnya, kapan saja Tuhan mau, Dia bisa mengambilnya kembali dari Anda. Sadarilah bahwa tubuh yang Tuhan pinjamkan itu adalah BERKAT bagi Anda sendiri. Anda bisa memuliakan nama-Nya, bisa bekerja, bisa menikmati banyak hal di dunia ini dengan tubuh itu. Anda dapat bayangkan bagaimana hati Tuhan saat Dia melihat tubuh Anda tidak terawat dan Dia mendapati Anda tidak mengelola tubuh itu dengan baik, bukan? Sudah tentu hal itu akan mendukakan hati-Nya.

Oleh karena itu, mulai sekarang, tanamkan dalam hati dan pikiran Anda bahwa tubuh yang Anda kenakan saat ini adalah milik Tuhan yang berharga yang dititipkan kepada Anda. Anda harus memakai dan mengelolanya dengan bertanggung jawab sesuai dengan yang Tuhan ajarkan. Pakailah untuk kemuliaan-Nya, dan kelolalah sesuai dengan kebenaran firman-Nya. Maka Anda pun akan menyenangkan hati Tuhan dan kesehatan serta umur panjang akan menjadi bagian dari hidup Anda. Haleluya!

RENUNGAN

Tubuh kita adalah MILIK TUHAN dan BAIT ROH KUDUS, oleh sebab itu kita harus MENGELOLANYA sesuai dengan PRINSIP ALKITABIAH

APLIKASI

  1. Apakah yang sudah Anda lakukan untuk tubuh Anda, yang menunjukkan bahwa Anda sadar tubuh Anda adalah milik Tuhan?
  2. Adakah kebiasaan-kebiasaan yang salah yang masih Anda lakukan yang membuat tubuh Anda menjadi lemah dan tidak sehat?
  3. Komitmen apa yang dapat Anda buat untuk meninggakan kebiasaan itu dan menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan yang baru?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, terima kasih atas tubuh yang sudah Kau percayakan kepada kami. Kami sadar bahwa tubuh kami adalah milik-Mu. Dan sudah seharusnya kami mengelolanya dengan cara yang benar. Berikan kami hikmat dan kekuatan untuk itu, ya, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Tawarikh 22-23