Tuhan Adalah Sumber Kemuliaan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 5-7
Kisah Para Rasul 8:1-25

BACAAN HARI INI

1 Samuel 18:6-30

RHEMA HARI INI

1 Samuel 18:14 Daud berhasil di segala perjalanannya, sebab TUHAN menyertai dia.

Malam itu Bapak Roni sangat bersukacita. Tiada henti ia mengucap syukur akan kebaikan Tuhan yang selalu melimpah dalam hidupnya. Beberapa hari lalu, ia mendapat panggilan kerja di perusahaan idamannya. Demi pekerjaan barunya itu, ia sampai rela meninggalkan pekerjaan yang selama ini dijalaninya. Namun, pagi ini tiba-tiba ia dikabari ia tak dapat lagi melanjutkan proses training yang baru dimulai. Seketika Bapak Roni menjadi bingung karena telanjur melepaskan pekerjaannya semula. Untunglah ia sadar bahwa ia memiliki Tuhan yang setia. Dalam kekuatiran dan kebingungannya, Bapak Roni memilih untuk mempercayakan hidup sepenuhnya pada Tuhan yang selalu menyertainya. Ia percaya, Tuhan pasti memberinya kekuatan untuk menghadapi semua permasalahan dan memberikan solusi terbaik seturut kehendak-Nya.

Keyakinan seperti itu pula yang diimani Daud. Meski dikenal sebagai tokoh luar biasa dalam sejarah Alkitab, perjalanan hidup Daud tidaklah selalu berjalan mulus. Hidupnya penuh lika-liku. Karena dimusuhi oleh Saul, rajanya yang penuh kuasa, seringkali kekuatiran, ketakutan, kecemasan, tawar hati, dan putus asa mengganggu kehidupannya. Namun, saat diperhadapkan dengan kesulitan, ia tidak lantas terpuruk. Justru ia semakin berusaha untuk mendekat kepada Tuhan. Karena Daud selalu mengandalkan Tuhan, pada akhirnya ia selalu beroleh kemenangan.

Ya, hanya karena penyertaan Tuhan, Daud berhasil di segala perjalanan hidupnya. Daud sangat mengerti bahwa Tuhanlah sumber segala kemuliaan yang diperolehnya. Ketakutan terbesarnya adalah bila Tuhan meninggalkannya. Daud sadar, tanpa campur tangan Tuhan yang memanifestasikan kemuliaan-Nya, hidupnya akan biasa-biasa saja. Belajar dari Daud, marilah kita menyadari bahwa semua kemuliaan berasal dari Tuhan. Semua terobosan, semua pencapaian, semua mujizat, semua prestasi, serta semua hal baik dan mulia yang akan kita alami tahun ini adalah anugerah Tuhan dan harus kita kembalikan untuk Tuhan. Sediakan diri sebagai perabot emas-Nya, maka kita akan mengalami kemenangan demi kemenangan dalam segala hal bersama Tuhan.

RENUNGAN

Tanpa RAJA KEMULIAAN dalam hidup kita, kita bukanlah apa-apa, tetapi BERSAMA DENGAN-NYA, kita dapat MELAKUKAN SEGALANYA.

APLIKASI

1. Sudahkah Yesus, Sang Raja Kemuliaan berkuasa dalam hidup Anda? Mengapa demikian?
2. Mengapa Anda memerlukan Raja Kemuliaan dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda bisa membiarkan Raja Kemuliaan bertakhta dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, kami menyadari bila tanpa Engkau, kami bukanlah apa-apa. Tuhan Yesus, kami undang Engkau menjadi Raja dalam hidup kami. Bertakhtalah dalam hati kami dan biarlah kami belajar untuk menuruti segala kehendak-Mu dalam hidup kami, agar kami pun bisa menjadi perabot emas yang Engkau pakai untuk pekerjaan mulia-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”