Tuhan Akan Bawa Kita Melihat Hal-Hal Yang Lebih Besar

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Yohanes 1:43-51

RHEMA HARI INI
Yohanes 1:51 Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Kianto adalah salah satu pemuda yang membawa kegerakan rohani di desa tempat tinggalnya. Di desanya, hampir seluruh masyarakatnya belum mengenal Yesus. Bahkan kebanyakan diantara mereka lebih percaya kepada dukun dan ilmu hitam. Beberapa kaum dewasa dan tua-tua membenci kegiatan rohani yang diadakan Kianto dan teman-temannya, oleh sebab itulah ia ingin sekali pindah ke kota. Namun Tuhan teguhkan Kianto untuk tetap tinggal. Tuhan mau pakai Kianto dan pemuda-pemuda yang cinta Tuhan untuk membawa keselamatan di desanya. Tuhan berjanji akan menyertai dan menolong mereka.

Suatu hari pak Rustam, sesepuh desa, tiba-tiba sakit parah. Para penduduk desa yakin bahwa pak Rustam disantet oleh musuhnya. Cucu pak Rustam meminta tolong Kianto untuk mendoakan kakeknya. Meskipun dalam kondisi sangat lemah, pak Rustam masih bisa merespon saat Kianto tumpang tangan dan mendoakan. Pak Rustam yang terkenal gahar meneteskan air mata, lalu ia batuk-batuk keras dan memuntahkan darah kehitam-hitaman. Setelah itu pak Rustam bisa tertidur dengan pulas. Dua hari kemudian saat ibadah Minggu pagi akan dimulai, Pak Rustam datang bersama keluarga besarnya. Tuhan sembuhkan dan menjamah hati pak Rustam dan beliau datang untuk mencari dan mengenal Tuhan yang telah menyelamatkannya. Tidak perlu waktu lama para penduduk mendengar cerita itu dan mereka berbondong-bondong datang ke gereja. Dan Tuhan bekerja dengan luar biasa membawa pertobatan, kelepasan dan pemulihan bagi mereka.

Mungkin kita ini bukan siapa-siapa, bukan orang terkenal atau public figure. Tapi Tuhan mengenal kita, bahkan sejak dari bakal janin Tuhan sudah kenal siapa kita. Jika kita memiliki hati yang berani dan mudah percaya pada Tuhan, maka Tuhan akan bawa kita masuk dalam dimensi yang belum pernah kita alami sebelumnya. Tuhan akan buat mata kita melihat hal-hal yang lebih besar. Tuhan akan bawa kita melihat perkara-perkara yang jauh lebih supranatural. Saat kita mempercayai rhema yang telah Tuhan berikan pada gereja kita, kita akan melihat bahkan mengalami kebangunan besar yang belum pernah kita alami sebelumnya, terjadi atas gereja kita dan dalam seluruh aspek kehidupan kita.

RENUNGAN
Tuhan akan MEMBAWA KITA untuk MELIHAT PERKARA-PERKARA yang jauh LEBIH SUPRANATURAL.

APLIKASI
1. Apakah Anda siap dibawa Tuhan melihat dan mengalami hal-hal yang lebih besar lagi?
2. Seberapa besar Anda mempercayai rhema great revival? Mengapa?
3. Bagaimana Anda mempersiapkan diri Anda untuk bisa mengalami great revival?

DOA UNTUK HARI INI
Ya Tuhan kami percaya Engkau akan membuat mata kami melihat perkara-perkara yang lebih besar dan ajaib. Kebangkitan atas semua yang telah padam dan mati dalam hidup kami, kebangunan rohani yang dashyat melanda dan sudah mulai terjadi saat ini. Terimakasih Tuhan, hanya di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.