Tuhan Mengasihi Kita Semua

BACAAN HARI INI
Mazmur 57:1-12

RHEMA HARI INI
Mazmur 57:4a (FAYH) Ia akan mengirimkan pertolongan dari surga untuk menyelamatkan aku karena kasih dan kesetiaan-Nya.

Ayat rhema hari ini ditulis oleh Daud ketika ia lari dari pada Saul. Ayat ini menggambarkan tentang kasih Tuhan yang tanpa batas, karena kasih-Nya lah kita mendapat pertolongan dari surga. Siapa yang tidak kenal Daud? Ada berapa kali Daud menghadapi bahaya dikejar-kejar oleh musuh yang hendak membunuhnya. Kadang Daud pun merasa putus asa karena merasa sendirian dan tidak ada yang peduli padanya. Namun Daud menyadari bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan anak-anak-Nya, bahkan pada saat yang tepat pasti menyatakan pertolongan-Nya. Daud yakin bahwa Tuhan sangat mengasihi dirinya, mendengar doanya dan menjawabnya, sehingga iman Daud makin bertumbuh.

Seperti Daud yang memahami bahwa Tuhan sangat mengasihinya, begitu pun kita harus yakin bahwa Tuhan mengasihi kita. Mungkin saat ini ada sebagian dari kita ada yang merasa telah berbuat dosa besar, merasa hidup kita sudah sangat kotor sehingga membuat kita tidak layak untuk datang pada Tuhan. Jangankan untuk datang ke gereja, sekedar berdoa pada Tuhan saja kita merasa Tuhan mungkin tidak akan mendengar, apalagi menjawab doa kita. Kita berpikir bahwa Tuhan tidak ada di pihak kita dan sedang menghukum kita.

Pola pikir seperti diatas sangatlah tidak benar. Justru pandangan kita yang salah akan Tuhan bisa membuat kita semakin jauh dari Tuhan. Hidup kita bukannya membaik, akan tetapi justru semakin terpuruk dan bahkan dapat menyebabkan depresi. Kita perlu mengubah pola pikir kita bahwa sesungguhnya Tuhan sangat mengasihi kita semua. Ketika kita sadar dan yakin bahwa Tuhan mengasihi kita, kita akan memiliki karakter iman seperti Daud. Iman kita akan bangkit, sukacita dan damai sejahtera Tuhan akan meluap dalam hati kita, sebab kita yakin doa kita telah didengar dan akan dijawab oleh Tuhan. Sekalipun melewati lembah kelam, Tuhan tetap menyertai kita. Semua yang Tuhan lakukan dalam hidup kita adalah karena Tuhan mengasihi kita. Dia ingin kita menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya dan kemuliaan-Nya akan terpancar melalui hidup kita.

RENUNGAN
Kalau kita tidak YAKIN bahwa Tuhan mengasihi kita, kita tidak akan MEMILIKI IMAN bahwa doa kita DIDENGAR, apalagi DIJAWAB TUHAN.

APLIKASI
1.    Apakah Anda menyadari bahwa Tuhan sangat mengasihi Anda? Mengapa?
2.    Pernahkah Anda berpikir bahwa Tuhan tidak mengasihi Anda? Apa dampaknya saat itu dalam hidup Anda?
3.    Apa perubahan yang Anda rasakan, setelah mengetahui Tuhan selalu mengasihi Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami sangat bersyukur atas kasih-Mu yang begitu berlimpah dan tak terbatas dalam hidup kami. Ampuni jika selama ini kami seringkali tidak menyadarinya. Ajar kami untuk terus dapat melihat kasih-Mu sehingga kami bisa menjalani hari-hari dengan penuh sukacita. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.