Tuhan Mengubah Kehancuran Menjadi Mahkota Kemuliaan [RESIKA]

BACAAN HARI INI

Yesaya 61:1-11

RHEMA HARI INI

Yesaya 61:3 untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka “pohon tarbantin kebenaran”, “tanaman TUHAN” untuk memperlihatkan keagungan-Nya.

Suatu hari Lisa kecil sedang bermain-main di dalam rumah dengan kakaknya, Dino. Mereka berdua berlari-larian serta bermain lempar tangkap bola. Pekik kegirangan mereka memenuhi seisi rumah, sampai kemudian terdengar suara kaca berderai pecah. Rupa-rupanya bola yang dilemparkan Dino tidak dapat ditangkap oleh Lisa, sehingga bola itu melayang dengan cepat menghantam sesuatu. Lisa segera berlari untuk memeriksa dan mendapati vas kesayangannya telah hancur berkeping-keping. Ia sangat sedih dan menangis keras. Lisa sangat menyukai vas itu karena terbuat dari kaca yang dapat memantulkan cahaya sehingga berkilauan cantik apabila terkena sorotan cahaya.

Mendengar keributan, sang ibu segera keluar dari kamarnya dan melihat apa yang terjadi. Dino terlihat sangat merasa bersalah, sedangkan Lisa masih menangis meratapi vas bunganya yang pecah. Tersenyum, ibu mengambil kepingan-kepingan pecahan vas itu dari lantai, kemudian mengajak Lisa dan Dino untuk memperbaiki nya bersama. Kedua anak itu pun kebingungan, bagaimana sebuah vas yang telah hancur berkeping-keping dapat diperbaiki lagi? Ibu mengambil lem dan sebuah bingkai foto yang sudah usang. Lalu kedua anak itu diajak menempelkan pecahan-pecahan kaca itu di atas bingkai satu demi satu. Setelah selesai, sang ibu mengambil sebuah foto keluarga lalu meletakkannya di dalam bingkai dan memajangnya di dinding rumah mereka. Foto itu jadi begitu indah karena dibingkai oleh gemerlap pecahan kaca yang berkilauan. Lisa dan Dino pun kini dapat tersenyum memandanginya.

Di mata Lisa dan Dino, pecahan-pecahan kaca dari vas bunga itu nampaknya tidak berguna lagi dan hanya bisa dibuang ke tempat sampah. Akan tetapi, ibu mereka melihatnya sebagai sebuah kesempatan untuk menghias bingkai foto lamanya. Seringkali ketika dalam kondisi yang terpuruk, kita merasa bahwa tidak ada lagi yang bisa diselamatkan. Namun, Tuhan dapat melihat apa yang tidak bisa kita lihat. Tuhan dapat mengubah puing-puing kehancuran kita dan menjadikannya sebuah keindahan tersendiri yang bahkan tak pernah terpikirkan oleh kita. Bagian kita adalah belajar percaya akan rencana-Nya dan mengikuti segala instruksi yang Tuhan berikan, maka kita akan melihat pelangi kemuliaan-Nya dinyatakan dalam hidup kita.

RENUNGAN

Tuhan SANGGUP MENGUBAH KEHANCURAN menjadi MAHKOTA KEMULIAAN.

APLIKASI

  1. Kehancuran apakah yang sedang Anda alami saat ini?
  2. Menurut Anda, mengapa terkadang Tuhan mengijinkan kehancuran itu terjadi?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk bangkit dari kehancuran?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, terima kasih untuk rencana-Mu yang sangat indah dalam hidup kami. Sekalipun mungkin kami belum dapat melihatnya, tetapi kami mau percaya bahwa karena kasih karunia-Mu, Engkau sanggup mengubah segala kehancuran kami menjadi sebuah kemuliaan besar. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

 

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!