TUHAN MENJAMIN KITA MENJADI PEMENANG [RESIKA]

BACAAN HARI INI

1 Petrus 5:1-11

RHEMA HARI INI

1 Petrus 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Meskipun sudah sering mengikuti perlombaan-perlombaan, Lia tetap saja merasa berdebar dan khawatir saat baru mulai mendaftar. Keragu-raguan selalu menghampirinya. Ikut atau tidak ya? berani atau tidak ya? Inilah yang seringkali terlintas di benaknya. Ditambah dengan bayangan akan lawan-lawan yang dihadapinya nanti. Berbagai pemikiran dan ketakutan tak terelakkan saat Lia memutuskan untuk mengikuti sebuah perlombaan. Bahkan ia sering menjadi sulit tidur karenanya.

Perasaan yang muncul dalam diri Lia tersebut adalah contoh bentuk intimidasi iblis yang berusaha menggagalkan rencana Lia. Iblis ingin agar Lia mengurungkan niatnya mengikuti lomba karena merasa dirinya tidak mampu. Iblis ingin Lia memiliki gambar diri yang buruk akan dirinya sendiri. Tetapi, saat Lia memilih melangkah dan percaya kepada Tuhan, perasaan-perasaan itu sebenarnya sirna begitu saja. Lia yakin Tuhan akan memampukan, memberi keberanian bahkan kemenangan kepadanya.

Saat inipun iblis berusaha memperkeruh keadaan dan menimbulkan banyak masalah. Dengan menunggangi wabah virus Corona ia menungganginya sehingga dalam waktu sekejap virus ini jadi wabah yang meluas bahkan menjadi pandemi di seluruh dunia. Iblis ingin tahun 2020 menjadi tahun penderitaan, tahun kehancuran, tahun kesedihan dan akhirnya janji Tuhan tentang kemuliaan itu tidak pernah terjadi. Iblis ingin manusia hanya dipenuhi ketakutan, kesedihan dan ketidakpastian. Namun, berita baiknya hari ini segelap-gelapnya kegelapan tidak akan bisa menghalangi terang. Sekuat-kuatnya iblis berusaha untuk mengagalkan janji dan rencana dan agenda Tuhan, tetap saja janji Tuhan tidak pernah bisa digagalkan. Kalau Tuhan sudah berfirman, maka tidak ada yang bisa menariknya kembali. Meskipun saat ini iblis berusaha mereka-rekakan yang jahat, tetapi Tuhan sanggup mereka-rekakannya kembali menjadi kebaikan. Bahkan bukan hanya kebaikan, tetapi Tuhan sanggup mengubahnya menjadi kemuliaan yang besar. Percayalah Tuhan memberikan perjanjian yang tak tergoyahkan bagi setiap kita, suatu janji yang penuh kepastian bahwa kita pasti jadi pemenang. (LEW)

RENUNGAN

Iblis INGIN MENGGAGALKAN, tapi Tuhan menjamin KITA PASTI JADI PEMENANG.

APLIKASI

  1. Apa yang ingin iblis gagalkan dalam hidup Anda?
  2. Apa yang Anda lakukan saat iblis berusaha menggagalkan rencana Tuhan atas hidup Anda?
  3. Kemenangan-kemenangan apa yang telah Anda dapatkan bersama Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, meskipun iblis mereka-rekakan hal buruk dalam hidup kami, kami percaya Engkau sanggup mengubahnya menjadi kebaikan bagi kami. Bagaimanapun iblis berusaha menggagalkan, tapi rencana dan agenda-Mu tak akan tergoyahkan. Terimakasih Bapa, bersama-Mu kami lebih dari pemenang. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.