Tuhan Pasti Menepati Janjinya

BACAAN HARI INI
Mazmur 89:1-53

RHEMA HARI INI
Mazmur 89:35 Aku tidak akan melanggar perjanjian-Ku, dan apa yang keluar dari bibir-Ku tidak akan Kuubah.

‘’Janji-Mu seperti fajar pagi hari, yang tiada pernah terlambat bersinar’’. Reffrain lagu rohani yang dinyanyikan oleh Nikita ini mungkin tidak asing di telinga kita. Lagu ini menggambarkan betapa pastinya janji Tuhan. Ketika kita masih duduk di bangku sekolah, kita diajarkan bahwa matahari tidak pernah berhenti memancarkan sinarnya. Hanya saja karena bumi berputar, maka sebagian penduduk bumi yang sedang berada di sisi yang berlawanan dengan matahari, mengalami kegelapan. Seolah-olah matahari menghilang atau tidak lagi bersinar.

Kenyataannya, matahari tetap ada di tempatnya semula dan tetap terus bersinar. Seperti janji Tuhan yang TETAP dan TIDAK BERUBAH selamanya walaupun kita sedang tidak bisa melihatnya. Saat ini mungkin ada yang merasa hidupnya dalam kegelapan. Menanti penggenapan janji Tuhan yang tak kunjung datang. Merasa kita hanya bisa meraba-raba tanpa kepastian sampai kapan kegelapan ini berlalu. Ingatlah, Tuhan kita adalah Tuhan yang TIDAK BISA INGKAR JANJI. Selama apapun waktu yang diperlukan, tapi sekali berjanji, Tuhan pasti akan menepatinya.

Belum tergenapinya janji Tuhan bukan berarti Tuhan melupakan perjanjian yang telah dibuat-Nya, tapi coba periksa diri kita sendiri, adakah bagian kita dalam perjanjian berkat Tuhan yang belum kita lakukan? Apakah kita sudah bangkit dan menjadi terang sekalipun kita sedang di tengah kegelapan? Sebab kita adalah anak-anak terang, kita memiliki DNA Tuhan yang selalu bersinar dimanapun berada. Jika kita melakukan bagian kita dengan setia, pada waktu-Nya, sinar kemuliaan Tuhan akan muncul seperti fajar yang menyingsing di pagi hari. Hidup kita akan terang benderang dipenuhi sinar kemuliaan Tuhan. Dan tahun Kemuliaan Tuhan bersama dengan penggenapan janji-Nya akan menjadi milik kita.
RENUNGAN
Sekali berjanji, Tuhan pasti akan MENEPATINYA, karena itu LAKUKANLAH BAGIAN KITA dalam perjanjian berkat Tuhan.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda melibatkan diri dan mengambil bagian dalam perjanjian berkat Tuhan?
2. Tindakan konkrit apa yang akan Anda lakukan untuk bangkit dan menjadi terang?
3. Apa yang membuat Anda yakin Tuhan akan menepati janji-Nya?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, terima kasih atas janji-Mu dalam Yesaya 60 yang menjadi rhema bagi kami tahun ini. Kami percaya Engkau Allah yang menepati janji. Kami mau bangkit dan melakukan bagian kami, menjadi terang dimanapun kami berada. Urapi kami agar kami senantiasa berjalan dalam tuntunan Roh Kudus. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.