TUHAN SANG PEMULIH

BACAAN HARI INI

Yesaya 55:1-13

RHEMA HARI INI

Yesaya 55:9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Menggunakan nama pembawa acaranya, “The Oprah Winfrey Show” adalah acara talkshow terlama dan tersukses di Amerika Serikat. Selama 25 tahun membawakan acara itu, Oprah Winfrey jadi salah satu wanita terkaya di Amerika Serikat. Namun kehidupan Oprah sebelumnya sangat kelam. Di usia 9 tahun dia pernah diperkosa. Di usianya yang ke-14 tahun, dirinya bahkan sudah melahirkan seorang anak, yang kemudian meninggal dunia dua minggu setelahnya. Awal kariernya tidak berjalan mulus. Dia pernah dipecat dari salah satu stasiun TV karena dianggap kegemukan untuk layar kaca.

Namun, masa lalu yang hancur, tak membuatnya ‘berhenti’ untuk meraih mimpinya. Didikan ‘militer’ dari sang ayah yang mantan tentara, membuatnya menjadi sosok yang cerdas, tegas, dan percaya diri. Jiwanya dipulihkan dan ia bangkit menjadi sosok yang kita kenal saat ini melalui sebuah acara talkshow “The Oprah Winfrey Show” yang meraih rating tertinggi dalam sejarah pertelevisian Amerika Serikat. Lewat acara itu pula, Oprah menyalurkan jiwa kemanusiaannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Tak terhitung berapa banyak orang yang diberikan ‘kejutan’ dan bantuan dari Oprah dan talkshow-nya tersebut.

Mungkin ada dari kita yang pernah mengalami masa pahit dalam hidupmu sama seperti Oprah di masa lalu. Hidup seperti ban yang bocor. Sekarang dipompa, besok kempis lagi. Lalu Anda butuh dipompa lagi, tetapi kemudian kempis lagi. Ban yang seperti ini tidak mungkin bisa pergi terlalu jauh. Demikian hidup yang terus mengalami kebocoran akibat jiwa yang belum pulih, dan tidak akan bisa dibawa Tuhan berjalan jauh menuju kemenangan. Itu sebabnya, kita perlu membuka hati kita bagi Tuhan dan belajar firmanNya. Mungkin Anda dikecewakan orang terdekat, Anda disakiti bahkan hidupmu dihancurkan mereka. Tetapi LIHAT RESPON TUHAN DALAM MEMULIHKAN HATI DAN JIWAMU. Tuhan yang bersemayam di tempat kudusNya juga bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk (Yes. 57:15). Masa lalu itu sudah lewat dan mati, kecuali jika Anda masih berusaha menghidupkannya. Hari ini, jangan hidupkan lagi masa lalumu yang buruk dan hancur. Lihatlah masa depan! Buka hati dan ijinkan Sang Penyembuh Segalanya memaniskan kembali hidupmu yang terlanjur pahit itu.

RENUNGAN

Secara manusia, kita butuh waktu yang lama untuk memulihkan jiwa yang hancur, tetapi TUHAN SANGGUP melakukannya dalam SEKEJAP.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda mengalami masa lalu yang pahit? Dan sudahkah Anda dipulihkan?
2. Hal apa yang membuat Anda terkadang masih sulit untuk pulih dari masa lalumu yang pahit? Mengapa?
3. Tuliskan komitmenmu untuk bangkit dari masa lalu yang hancur dan mengalami kemenangan bersama dengan Tuhan!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih untuk respon Tuhan dalam memulihkan hati dan jiwa kami. Kami sungguh amat mengucap syukur karena kami memiliki Bapa seperti-Mu yang sanggup memulihkan hati kami yang hancur dan membawa kami kepada kemenangan yang sejati bersama dengan Engkau. Ajar kami untuk bisa lebih lagi melihat dan merasakan kasih-Mu yang besar bagi kami ya, Tuhan, sehingga dengan kasih-Mu banyak orang disekitar kami yang juga dipulihkan. Terimakasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!