TUHAN SANGAT MENYUKAI ORANG YANG MAU MENGAKUI KESALAHAN DAN BERTOBAT

BACAAN HARI INI

Amsal 28:1-28

RHEMA HARI INI

Amsal 28:13 Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

β€œTina, kamu ya yang memakan kue coklat di dalam kulkas? Kan mama sudah bilang, kue itu untuk kakakmu, bagianmu yang kue strawberrry sudah kamu makan bukan?” Tina seketika menjawab, β€œEngga ma, aku engga makan kue coklat kakak.” Mama menggeleng-gelengkan kepala, β€œLalu, itu apa coklat-coklat di pipi dan mulutmu?” Wajah bocah kecil itu memang celemotan dengan lelehan coklat dari kue brownies yang dimakannya. Sebenarnya mama geli melihat rupa cemong gadis mungilnya, tapi karena Tina terus menyangkal bahwa ia yang memakan kue coklat itu, mama akhirnya marah dan menyeret Tina ke depan cermin. Barulah sambil menangis Tina mengakui kesalahannya.

Kita mungkin pernah menghadapi orang yang sudah jelas salah tapi masih saja tidak mau mengakui kesalahannya. Bahkan bersikeras dan ganti menyalahkan kita. Pasti sangat menjengkelkan sekali rasanya. Kita yang sebenarnya sudah siap memaafkan dan melupakan kesalahannya, jadi malah kesal dan jika mampu akan memberikan hukuman kepadanya. Begitupun Bapa kita di surga yang mengetahui segalanya. Kita boleh sangat lihai menutupi kesalahan kita dari orang lain, tapi bagi Bapa, tak ada yang tersembunyi bagi-Nya.

Jadi tak ada gunanya kita menutup-nutupi atau menyangkal dosa dan kesalahan kita pada Tuhan. Bahkan kitab Amsal berkata, siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi. Akan jauh lebih baik bagi kita, jika kita tidak mencoba berbelit-belit pada Tuhan. Bukankah juga lebih mudah mengaku pada Tuhan daripada mengaku pada manusia? Tuhan tidak akan membocorkan atau bergosip tentang kesalahan kita, dan Dia SANGAT MENYUKAI orang yang mau mengakui kesalahan dan mengambil keputusan untuk bertobat. Percayalah, kita tak akan suka dan mau jika Tuhan marah pada kita. Sebaliknya kita akan sangat beruntung jika disayang Tuhan. Berkat, anugerah, kasih karunia dan perlindungannya akan selalu menyertai setiap langkah kita. (PF)

RENUNGAN

Tuhan sangat menyukai orang yang MAU MENGAKUI KESALAHAN dan mengambil KEPUTUSAN untuk BERTOBAT.

APLIKASI

1. Adakah kesalahan yang masih coba Anda sembunyikan dari Tuhan?
2. Apa keputusan yang Anda ambil setelah mengetahui Tuhan sangat menyukai orang yang mau mengakui kesalahannya?
3. Apa tindakan nyata Anda untuk bertobat dari kesalahan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, ampunilah kami yang mengira dapat menyembunyikan kesalahan kami kepada-Mu. Kami akui semua dosa dan pelanggaran kami di hadapan-Mu. Hati kami sungguh menyesal dan berjanji akan meninggalkan dosa-dosa kami. Berilah kami kekuatan untuk selalu berjalan dalam kebenaran dan kekudusan. Terimakasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!