Tuhan Sedang Mencari

Renungan Keluarga Allah
Senin, 05 September 2016

BACAAN HARI INI

Yesaya 6:1-13

RHEMA HARI INI

Yesaya 6:8 Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: “Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!”

Beberapa tahun yang lalu, Mel Gibson, seorang sutradara terkenal memiliki kerinduan untuk membuat sebuah real film kisah tentang penyaliban Tuhan Yesus. Salah satu hal yang membutuhkan waktu cukup lama dalam pembuatan film itu adalah pencarian aktor yang tepat untuk memerankan peran utama sebagai Yesus. Mel memiliki kriteria tersendiri untuk itu dan mulai melakukan pencarian. Mata Mel tertuju pada sebuah film sederhana yang tidak terkenal, yang berjudul “The Thin Red Line” dimana ada seorang aktor yang memegang peran kecil, yang bernama Jim Caviezel. Entah mengapa Mel yakin untuk memberikan peran sebagai Yesus kepada Jim. Dan saat ditemui Mel, Jim pun kaget dan tidak menyangka dia mendapatkan peran besar dalam film yang sangat fenomenal, dimana dia akan berperan sebagai TUHAN.

Jim bukan aktor besar saat itu. Tapi mata Mel menangkap sesuatu dalam peran kecil yang sedang dimainkannya saat itu. Dan tawaran pun datang: “Maukah engkau menerima sebuah pekerjaan besar ini? Mungkin saat engkau menerima tawaran itu, banyak hal harus dikorbankan termasuk kariermu dalam berakting. Tidak mungkin lagi engkau sembarangan memilih film untuk dimainkan setelah ini. Dan yang terjadi seperti kebanyakan aktor lain adalah, bahwa setelah memerankan tokoh religius film rohani, kariernya tidak akan sebagus sebelumnya, bahkan mungkin akan mengalami kemunduran. Maukah engkau menerimanya?” Jim sangat bergumul menjawab pertanyaan itu. Namun akhirnya, dia bersedia, dia menerima tawaran itu. Hari-hari panjang pun dimulai dalam pembuatan film itu. Saat Jim dengan rela menjalankan perannya, tidak jarang dia hampir menyerah. Tapi lewat peran itu pun hidupnya banyak diubahkan. Bahkan ada kesaksian banyak kru dan pemain lain yang juga menerima keselamatan. Dan saat ini dunia pun tahu, film yang disutradarai Mel Gibson dengan judul “Passion of The Christ” itu telah amat sangat memberkati banyak orang. Sebuah karya besar dengan pemeran pilihan yang tepat.

Jika Anda merenungkan kisah diatas, sesungguhnya itu adalah gambaran bagaimana Tuhan Sang Sutradara Terbesar pun sedang mencari orang-orang pilihanNya untuk masuk dalam sebuah karya besar yang sudah dipersiapkanNya. Dia mengamat-amati, Dia menyelidiki sampai kedalaman hati. Bukan hanya saat Anda sedang melakukan sebuah pekerjaan besar, tapi saat Anda sepertinya sedang melakukan peran kecil dalam film kehidupan sederhana yang sedang Anda jalanipun, Tuhan tetap akan menemukan Anda dan saat didapatiNya ada hati yang mau dan bisa dipakaiNya, tawaran itu akan datang kepada Anda : “Maukah engkau turut ambil bagian dalam pekerjaan besarKu ?”. Pastikan jawaban Anda adalah : “Ya, Tuhan. Ini aku, utuslah aku!”

RENUNGAN

Tuhan sedang mencari orang yang BISA DIPAKAI-NYA karena IA akan melakukan PERKARA YANG BESAR.

APLIKASI

  1. Apakah Anda pernah merasakan sebuah tawaran datang pada Anda untuk masuk lebih lagi dalam pekerjaan Tuhan? Apakah jawaban Anda ?
  2. Selidikilah hati Anda, masih adakah keraguan, kekuatiran yang muncul saat Anda berkata “Aku mau” ? Ambillah komitmen untuk mengatasi hal itu sampai Anda bisa mengatasi keraguan Anda !

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, selidikilah hatiku selalu dan ubahkan hatiku supaya aku senantiasa memiliki keberanian untuk merespon setiap panggilanMu dalam hidupku. Tuntun aku, Tuhan dan jadikan aku alatMu. Dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Keluaran 4-6