Tuhan Sumber Favor

Renungan Keluarga Allah
Senin, 09 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Yohanes 15:1-8

RHEMA HARI INI

Yohanes 15:4 Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Jessie adalah seorang gadis kecil yang sangat menyukai tanaman. Ia selalu membantu ibunya merawat setiap tanaman di pekarangan rumahnya. Pada hari ulang tahunnya, ayah Jessie memberikan kado sebuah pohon anggur. Jessie sangat senang karena ia belum pernah melihat pohon buah anggur. Setelah itu, Jessie rajin sekali menyirami, memeriksa daun, batang dan rantingnya setiap hari. Beberapa waktu berlalu dan pohon itu tetap sama, tidak ada tanda-tanda bunga dihasilkannya, apalagi berbuah. Jessie sedih dan bertanya kepada ayahnya, kenapa pohon anggur itu tidak menghasilkan buah. Sang ayah tersenyum dan memberikan sekumpulan buah anggur plastik untuk dipasang di pohon anggur Jessie. Jessie pun bertambah bingung. Akhirnya ayahnya menjelaskan pohon anggur itu imitasi, tentu saja tidak akan ada buah yang dihasilkannya. Jessie lalu mengerti, agar memiliki buah yang asli, ia harus memiliki pohon anggur yang asli, yang akarnya bisa menyerap makanan dari tanah, dan yang rantingnya menempel kuat pada pokok pohon anggurnya.

Dunia ini banyak menawarkan pokok anggur yang palsu yang membuat banyak orang tertipu. Meski mungkin kini kita merasa sedang memperoleh berkat-berkat yang luar biasa–seperti kepandaian, skill, pekerjaan, jabatan, koneksi, nama besar, kekayaan, rumah, penampilan fisik, dan prestasi sekolah–janganlah kita berpikir bahwa semua itu adalah sumber di mana kita memperoleh berkat.

Hal-hal tersebut bukan berarti salah, bahkan baik. Namun, ketika kita menjadikannya sebagai pokok anggur kita, yaitu sumber kehidupan dan kebahagiaan kita, maka kita sedang melekatkan diri pada hal yang salah. Akibatnya kita akan menjadi ranting yang kering, tidak berbuah, dan tidak menikmati favor yang sebenarnya sudah Tuhan sediakan bagi kita. Kita harus benar-benar mengetahui bahwa keberhasilan apa pun yang kita alami dalam kehidupan bersumber dari Tuhan. Kalau kita ingin hidup kita tidak kering dan berbuah lebat, sadari sepenuhnya bahwa Tuhan adalah Sumber Favor kita. Tuhanlah tempat kita melekat bergantung, dan memperoleh suplai kehidupan ini. (LEW)

RENUNGAN

Jika kita tidak menyadari bahwa TUHANLAH SUMBER FAVOR yang sesungguhnya, maka hidup kita akan KERING dan TIDAK BERBUAH

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda menyadari bahwa Tuhan adalah Sumber Favor?
  2. Hal-hal apa yang sudah Anda alami dalam favor Tuhan?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mulai melekat kepada Tuhan sebagai Sumber Favor?

DOA UNTUK HARI INI

“Terima kasih untuk setiap berkat yang Engkau berikan dalam hidup kami, ya, Tuhan. Engkau adalah sumber favor dalam kehidupan kami. Ajari kami terus melekat kepada-Mu sehingga kami bisa berbuah lebat. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Amsal 10-12