TUHAN TAK PERNAH MENGECEWAKAN

BACAAN HARI INI

Yesaya 2:12-22

RHEMA HARI INI

Yesaya 2:22 Jangan berharap pada manusia, sebab ia tak lebih dari pada embusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap?

Akhir-akhir ini Nando malas sekali untuk datang beribadah. Hatinya masih sangat kesal karena di tipu mentah-mentah oleh teman sepelayanannya. Ia harus kehilangan sejumlah uang yang lumayan banyak karenanya. Awalnya Nando begitu percaya pada temannya, karena ia menganggap sama-sama anak Tuhan. Tapi ternyata Nando harus kecewa dengan perbuatan curang temannya itu. Percuma ke gereja, percuma ibadah dan mendengarkan firman Tuhan jika karakter hamba-Nya saja payah seperti itu. Untuk apa ke gereja jika ternyata tidak membuat orang jadi lebih baik. Mendingan aku tidur saja di rumah, demikian pikir Nando.

Kesalahan yang sering dibuat oleh banyak orang adalah, mereka menganggap semua anak Tuhan, pelayan dan hamba Tuhan adalah seorang yang baik 100%. Pasti jujur, pasti bisa dipercaya dan semua sifat baik lainnya. Sehingga ketika mereka merasa di tipu, di khianati atau mendapati kelakuannya tidak sesuai dengan ucapan dan berlawanan dengan firman Tuhan, mereka langsung merasa kecewa. Bukan hanya dengan orangnya, tapi juga dengan gereja dan Tuhan. Padahal Alkitab telah berkata, Jangan berharap pada manusia, sebab ia tak lebih dari pada hembusan nafas, dan sebagai apakah ia dapat dianggap? (Yesaya 2:22) Manusia pada dasarnya adalah mahluk yang terbatas dan lemah, yang dengan mudah dapat jatuh dalam pencobaan. Berbeda dengan Tuhan yang TIDAK PERNAH MENGECEWAKAN. Dari kitab Kejadian sampai Wahyu, tidak ada satupun orang beriman yang sungguh-sungguh berharap kepada-Nya di kecewakan. Jadi salah besar jika kita sampai kecewa pada Tuhan dan gereja-Nya.

Dengan kecewa atau marah pada Tuhan justru akan membuat kita menjauh dari hadirat-Nya, sekaligus jauh juga dari berkat-berkatNya. Kita tidak akan pernah mengalami pemulihan secara total jika kita tidak berdamai dengan Sang Penyembuh segalanya. Jika saat ini ada yang sedang kecewa pada Tuhan, segera datang kembali pada-Nya dan meminta maaf atas segala kesalahpahaman kita kepada-Nya. Tidak perlu takut, sungkan ataupun malu, sebab Tuhan PASTI tidak akan menolak kita. Dia akan mengampuni dan menerima kita kembali. Saat pemulihan hati terjadi, yang datang berikutnya adalah berkat-Nya, yang akan dicurahkan dengan melimpah dalam hidup kita. (PF)

RENUNGAN

Manusia boleh mengecewakan, tetapi kalau kita TIDAK MENJADI KECEWA kepada TUHAN DAN GEREJA-NYA, maka berkat-Nya akan tercurah atas kita.

APLIKASI

1. Apakah Anda pernah merasa kecewa dengan teman seiman, pelayan atau hamba Tuhan?
2. Apakah hal itu menjadikan Anda juga kecewa pada Tuhan dan gereja-Nya?
3. Apa yang Anda alami dan rasakan ketika Anda kecewa pada Tuhan dan gereja-Nya? Lalu apa komitmen Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, ampuni kami jika karena kekurang pahaman kami, kami sempat kecewa kepada-Mu. Kami telah salah menilai Engkau karena dibutakan oleh kekecewaan hati kami. Terimakasih hari ini firman-Mu telah mengingatkan kami, bahwa Engkau adalah Allah yang setia pada janji-Mu. Hanya kepada-Mu lah kami akan berharap. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!