Tuhan Tidak Pernah Melepaskan Kita Yang Sangat Disayanginya

BACAAN HARI INI
Mazmur 139:1-24

RHEMA HARI INI
Mazmur 139:10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.

Guling itu bentuknya sudah tidak seperti guling. Kapasnya yang mulai menggumpal, membuatnya tampak kempis tak menarik. Namun demikian, Riko sangat menyayangi guling yang dimilikinya sejak ia masih sangat kecil. Kemanapun pergi, guling itu selalu dibawa, ia tidak peduli dan hanya tertawa jika ada yang mengejeknya. Ketika sekolahnya mengadakan tour, guling kesayangan ikut juga bersama Riko. Beberapa temannya yang usil menggoda dengan merebut dan melempar-lemparkan guling itu antar mereka. Riko yang pemain basket di sekolahnya, langsung berdiri. Dengan tinggi badannya yang menjulang, mudah baginya untuk menangkap lemparan guling temannya. Riko lalu memasang tampang sangar dan mata melotot, membuat teman-temannya berhenti menggodanya.

Yang namanya kesayangan, pasti kita ingin membawanya kemana-mana, atau paling tidak, kita tak akan mau membuang atau melepaskannya. Sejelek apapun bentuknya, kita tetap menyayanginya. Jika rusak kita akan perbaiki, jika sampai hilang, kita akan mencarinya sampai ketemu. Jika ada yang mengganggu atau mengancam, kita akan melindunginya mati-matian. Demikian pula Tuhan sangat mengasihi kita dan kita adalah anak-anak kesayangan-Nya. Tuhan tidak akan pernah melepaskan genggaman-Nya pada tangan kita. Jika sampai terlepas, pastilah kita yang melepaskan diri dari tangan-Nya. Mungkin karena tergoda hal lain yang kelihatan lebih menarik, atau merasa tidak bebas berbuat sesuka hati dalam genggaman tangan Bapa kita.

Tapi karena Tuhan sangat menyayangi kita, Dia tidak akan membiarkan kita tersesat. Tuhan bisa pakai semua situasi dan pergumulan kita, untuk membawa kita kembali kepada-Nya. Walaupun kita belum cukup baik, belum bisa disebut layak untuk menjadi kesayangan Tuhan, namun kasih-Nya yang begitu besar dan melampaui akal kita, membuat Tuhan selalu melindungi kita, menyertai kita dan mengarahkan kita pada jalan-jalan kebenaran dan keselamatan. Di awal tahun yang baru ini, tahun kemuliaan Tuhan, semakin cepat kita menyadari bahwa kita tak akan bisa lari dari kasih Tuhan, makin cepat pula hidup kita bisa dipakai Tuhan untuk menyatakan kemuliaan-Nya. (PF)

RENUNGAN
Yakinilah bahwa kita adalah KESAYANGANNYA TUHAN, Dia TIDAK AKAN PERNAH MELEPAS kita.

APLIKASI
1.    Pernahkah Anda merasa terlepas dari pegangan Tuhan? Dalam keadaan apakah itu?
2.    Bisakah Anda mengingat bagaimana cara Tuhan membawa Anda kembali pada kasih-Nya?
3.    Bagaimana cara Anda meresponi kasih Tuhan pada Anda yang sangat disayangi-Nya?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, begitu besar kasih-Mu pada kami, sehingga Engkau tidak pernah sekalipun melepaskan kami walaupun kami lari dari pada-Mu. Ampuni kesalahan dan kebodohan kami yang dahulu, yang tidak bisa melihat bahwa Engkau sangat menyayangi kami. Kini kami serahkan hidup kami dalam genggaman tangan-Mu Tuhan. Engkau yang telah menyelamatkan kami dan yang memegang kendali penuh atas hidup dan masa depan kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.