Tuhan Yang Berdaulat Penuh

BACAAN HARI INI
Mazmur 115:1-18

RHEMA HARI INI
Mazmur 115:3 Allah kita di sorga; Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya!

Johan adalah seorang yang memiliki karakter yang keras dan kemauan yang kuat. Dia sebenarnya orang yang baik dan setia kawan, namun Johan bergaul dilingkungan yang salah. Di kota kecil tempatnya tinggal tidak ada yang tidak mengenalnya. Sayangnya Johan dikenal sebagai seorang anggota geng yang ditakuti. Kesetiakawanan yang tertanam dari dirinya menjadikan Johan disegani oleh kawan maupun lawan. Bagusnya, meskipun seorang anggota geng, Johan masih datang beribadah pada hari Minggu. Suatu ketika Johan jatuh sakit secara mendadak, walaupun masih muda dia terkena gejala stroke karena memiliki pola makan dan pola hidup yang salah.

Kehidupan Johan pun berubah drastis, dia jadi rajin berdoa, rajin dalam persekutuan, rajin baca firman. Bahkan beberapa temannya juga mengikuti Johan. Saat sakit itulah Johan sadar sepenuhnya bahwa Tuhan berdaulat penuh atas hidupnya. Johan merasa sakitnya itu sebagai peringatan atas dirinya karena Tuhan begitu menyayanginya. Selama ini dia ke gereja hanya sekedar rutinitas. Johan merasa Tuhan memanggilnya, Tuhan ingin agar Johan berbalik kepada-Nya. Bertobat tinggalkan hidup lama untuk membawa terang dan keselamatan bagi teman-temannya. Saat Johan meresponi panggilan Tuhan, Ia memulihkan hidup dan kesehatan Johan. Sekarang Johan menjadi penginjil jalanan untuk menyelamatkan mereka yang terhilang dan tersisihkan.

Tuhan kita adalah Allah yang berdaulat, artinya Dia berhak melakukan apa yang dikehendaki dan disukai-Nya. Dia berhak melakukan apa yang awalnya tidak mau Dia lakukan dan sebaliknya, Dia juga berhak tidak melakukan sesuatu yang semula Dia mau lakukan. Bukan berarti Tuhan kita plin plan, tapi apa yang Tuhan lakukan pasti mempunyai dasar dan alasan yang kuat. Kita tidak akan pernah mampu untuk menyelami dan mengerti isi hati Tuhan sepenuhnya, percaya saja pasti ada sesuatu dibalik keputusan Tuhan. Ketika sesuatu terjadi, Tuhan bisa mengubah nubuatan negatif menjadi positif, dan sebaliknya, sebab Dialah Allah yang berdaulat. Oleh sebab itu jangan sampai membuat Tuhan marah, tapi selalu hormati dan senangkan hati Tuhan. Maka kuasa akan diberikan pada mulut dan ucapan kita, dan membuat nubuatan positif digenapi, terjadi dalam hidup kita.

RENUNGAN
Sadarilah bahwa Tuhan adalah Tuhan yang BERDAULAT PENUH.

APLIKASI
1. Menurut Anda, siapakah yang mempunyai hak penuh untuk menentukan apa yang terjadi dalam hidup Anda?
2. Bisakah Anda menerima bahwa Tuhanlah yang berdaulat atas hidup Anda? Apa alasannya?
3. Apa yang akan Anda lakukan setelah Anda menyadari bahwa Tuhan yang berdaulat atas hidup Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, hidup kami telah Engkau bayar lunas dengan darah-Mu yang mahal. Kami ini hamba-Mu Tuhan, kami tidak berhak lagi atas hidup kami. Pakailah dan jadikan hidup kami berguna bagi Engkau, jadikan kami hamba-hamba yang setia dan mengasihi Engkau dengan seluruh roh, jiwa dan raga kami. Terimakasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.