Tuhan Yang Memeriksa Hati

BACAAN HARI INI
Amsal 16:1-33

RHEMA HARI INI
Amsal 16:2 Segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.

Setiap kali mendengar kothbah tentang berkat, hati Tommy terasa terombang ambing. Dahulu ia memang hidup dalam kegelapan, segala pekerjaan kotor ia jalani demi mengejar harta duniawi. Tommy jadi sangat kaya karenanya, tapi suatu hari Tuhan datang dalam hidupnya, kasih-Nya membuat Tommy betul-betul bertobat dan meninggalkan semua. Sekarang Tommy harus berjerih payah bekerja, hanya dengan hasil yang amat sangat pas-pasan. Tommy tidak mengerti, mengapa berkat Tuhan tidak juga datang dalam hidupnya. Padahal ia sekarang sudah begitu banyak berubah, begitu tekun mencari Tuhan, bahkan terjun dalam pelayanan.

Sampai suatu kali, firman yang disampaikan oleh Ps. Jonatan Setiawan, membuatnya tersadar. Bukan kotbah tentang berkat, tapi soal kerendahan hati, yang akhirnya membuat Tommy mengerti. Tuhan belum mencurahkan berkatnya karena ia masih belum cukup rendah hati. Tommy meringis membayangkan apa jadinya kalau ia diberkati sekarang, bisa jadi ia malah menjadi sombong dan lupa diri. Bukannya jadi berkat, malah bisa-bisa ia jadi batu sandungan.

Mungkin kita merasa sudah berbuat banyak untuk Tuhan, kita sudah menabur, sudah melayani, rajin beribadah, komsel dan sebagainya. Tapi Tuhan bukan manusia yang hanya bisa melihat permukaan. Tuhan melihat jauh ke dalam hati, Dia memeriksa hati setiap kita, menembus setiap topeng dan kepalsuan. Tuhan tidak pernah salah menilai hati seseorang. Jika kita belum diberkati sampai berkelimpahan, bisa jadi tanpa kita sadari, masih ada hal yang perlu diperbaiki dalam hati dan pribadi kita. Tuhan mencari hati yang layak dipercaya untuk menerima berkat-berkat-Nya yang melimpah. Jika Tuhan menemukannya, Tuhan pasti tidak akan ragu untuk mencurahkan dengan melimpah berkat dan kemuliaan-Nya, membangkitkannya menjadi terang keuangan bagi gereja Tuhan dan bagi dunia.

RENUNGAN
Tuhan MEMERIKSA HATI setiap kita untuk menemukan orang-orang yang LAYAK DIPERCAYAKAN berkat-berkat-Nya yang melimpah.

APLIKASI
1. Menurut Anda, kepada siapa Tuhan akan mempercayakan berkat-Nya yang melimpah?
2. Secara jujur, sudahkah Anda dapat dipercaya mengelola berkat Tuhan? Apa sebabnya?
3. Masih adakah hal yang perlu Anda rubah agar Anda ditemukan layak oleh Tuhan untuk dipercayakan berkat-berkatNya?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mengucap syukur atas berkat-berkat yang telah kami terima. Ampuni kami bila tanpa kami sadari, kami masih melakukan yang tidak berkenan kepada-Mu. Periksalah hati kami dan tunjukkanlah pada kami apa yang perlu kami perbaiki. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.