TUHANLAH YANG MENENTUKAN KESUKSESAN DAN KEBAHAGIAAN

BACAAN HARI INI

1 Yohanes 5:1-5

RHEMA HARI INI

1 Yohanes 5:4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.

Di tengah hutan rimba, hiduplah berbagai macam binatang. Karena jalannya yang lambat, kura-kura sering diejek oleh teman-temannya, terutama si kancil dan kelinci yang lincah. “Hei kura-kura! Mengapa kau bawa rumahmu kemana-mana? Makanya kau jadi lambat sekali!” olok si kancil. Kura-kura kecil itu pulang dengan sedih. Ayahnyapun bertanya pada anaknya, “Mengapa kau kelihatan sedih sekali?” Kura-kura kecil menceritakan bagaimana teman-teman selalu mengejeknya karena tempurung di punggungnya. Sang ayah hanya tersenyum sambil menjawab dengan bijaksana, “Tidak usah kau masukkan ke dalam hati kata-kata mereka. Suatu saat kau akan memahami betapa beruntungnya menjadi seekor kura-kura.”

Beberapa waktu berlalu. Hari itu, tiba-tiba terdengar sebuah keributan. “Lari, cepat lari dan selamatkan diri! Ada sekawanan singa-singa sedang berburu!” teriak salah seekor hewan. Sontak semua hewan kecil berhamburan berlari menyelamatkan diri. Kura-kura kecil pun berusaha bergerak dengan cepat, tapi apa daya, ia hanya dapat berjalan dengan lambat. Ia sangat ketakutan mendengar singa-singa semakin mendekat. Ia melihat kancil diterkam oleh seekor singa. Kura-kura kecil itu langsung menyembunyikan diri dalam tempurungnya. Setelah merasa keadaan sudah aman, ia memberanikan diri untuk melongok keluar. Begitu banyak korban berjatuhan. Tapi ia selamat karena bisa bersembunyi dalam tempurungnya. Ia lalu teringat perkataan ayahnya dan sejak itu ia tidak pernah lagi merasa sedih walau masih ada saja yang mengejek tempurung di punggungnya.
Tanpa kita sadari, seringkali kita sama seperti anak kura-kura itu. Kita meletakkan kebahagiaan kita di tangan orang lain. Saat orang merendahkan kita, kita merasa tidak berharga dan bahkan terpuruk. Padahal setiap orang telah diciptakan-Nya dengan kelebihan masing-masing, yang terbaik bagi kita menurut pandangan Allah. Mulai hari ini, ingatlah bahwa kebahagiaan dan kesuksesan kita ini tidak ditentukan dari apa kata orang, atau apa yang orang lain lakukan terhadap kita. Kesuksesan dan kebahagiaan kita ditentukan oleh Tuhan dan diri kita sendiri. Percaya dan imani bahwa apapun yang buruk yang pernah terjadi di dalam hidup kita, tidak menentukan masa depan kita. Karena masa depan kita ada di tangan Tuhan dan diri kita sendiri, bukan di tangan orang lain.

RENUNGAN

Kesuksesan dan kebahagiaan hidup kita DITENTUKAN oleh TUHAN dan DIRI KITA SENDIRI, bukan orang lain.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi dalam hidup anda?
2. Apa kerugiannya bagi Anda jika menganggap orang lain yang bertanggung jawab atas kebahagiaan dan kesuksesan Anda?
3. Setelah mengetahui kesuksesan dan kebahagiaan Anda ditentukan oleh Tuhan dan diri sendiri, apa keputusan Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, ampuni kami kalau selama ini kami memiliki cara pandang yang salah. Kini kami sadar bahwa apapun yang orang lain lakukan atas kami, tidak menentukan masa depan kami. Karena masa depan kami ada di dalam tangan-Mu. Dan kami sendiri lah yang bertanggung jawab atas kebahagiaan kami. Terima kasih, ya Bapa, Engkau telah menyadarkan kami melalui firman-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!